Jawa Pos

Kiprah Srikandi UKM Mendorong Kemajuan

-

SURABAYA – Usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi penyokong perekonomi­an suatu daerah. Di Jatim, 60 persen UKM dikendalik­an perempuan. Jumlah tersebut menyebar di seluruh kabupaten/ kota di Jawa Timur. Termasuk di Surabaya. Kondisi itu tergambar dalam Women’s Week 2018 di Atrium Royal Plaza, kemarin (11/4) hingga Minggu (15/4).

Berbagai macam produk kreatif dipamerkan. Inovasi dihasilkan dari beraneka ragam bahan. Semuanya dikendalik­an sosok-sosok perempuan. ’’Saya mengapresi­asi sekali acara ini, ya. Semua UKM dikendalik­an perempuan,’’ jelas Kepala Dinas Koperasi Jatim Mas Purnomo Hadi.

Jatim saat ini tercatat memiliki 6,8 juta UKM. Dari total jumlah tersebut, 60 persen di antaranya milik perempuan. Perkembang­annya terus meningkat pesat. ’’Kualitasny­a pun tidak kalah dengan luar negeri,’’ ungkapnya.

Setiap pelaku UKM akhirnya tertantang untuk mengembang­kan produk lebih baik. Misalnya, packaging yang menarik untuk memikat perhatian konsumen. Mereka juga dapat mempelajar­i pola-pola pasar yang kini berlaku di masyarakat. ’’Saat ini banyak UKM yang berhasil. Dari modal Rp 50 juta, berkembang omzet jadi Rp 1 miliar per tahun,’’ ucap Purnomo.

Sementara itu, Ketua Panitia Women’s Week 2018 Trusti Dhiani Henartiwi melanjutka­n, kegiatan tersebut menjadi semangat yang ditularkan dari 15 asosiasi yang tergabung. ’’Agar produk UKM lebih dikenal dan menjadi kebanggaan dalam negeri sendiri,’’ ujarnya. Setiap asosiasi juga unjuk aksi dengan memamerkan produk yang menjadi unggulan masing-masing.

Women’s Week dibuka secara meriah kemarin. Ada penampilan operet dari Peace & Love dan Veelmor Percussion. Dua penampilan itu berhasil menarik perhatian pengunjung. Sebagian besar lakon di atas panggung dibawakan perempuan.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? CANTIK: Penampilan Operet Kartini Peace & Love menghibur pengunjung yang memadati pembukaan Womens Week di Royal Plaza kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS CANTIK: Penampilan Operet Kartini Peace & Love menghibur pengunjung yang memadati pembukaan Womens Week di Royal Plaza kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia