Jawa Pos

Angkat Sampah dan Pasang Jaring di Jumputrejo

-

SIDOARJO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo langsung turun tangan membersihk­an sampah yang memenuhi aliran Sungai Jumputrejo, Sukodono. Kemarin (11/4) alat berat dikerahkan untuk mengambil sampah di sana.

’’Kami sebenarnya secara kontinu membersihk­an sampah di sungai. Tapi, tak berselang lama pasti kotor lagi. Karena itu, kami sangat berharap partisipas­i masyarakat,’’ ujar Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan. Kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Sungai Jumputrejo, tetapi juga di Sedati. ’’Besok (hari ini, Red) juga bersih-bersih sampah di Sedati. Selasa (10/4) kami sudah bersihkan sungai di Candi,’’ lanjutnya.

Namun, sebagaiman­a yang dipaparkan Sigit, setelah bersih, pasti ada lagi yang membuang sampah ke sungai. Karena itu, pihak PUPR berencana memasang jaring di aliran sungai. Terutama di sungai-sungai yang arusnya tidak terlalu deras. Jaring-jaring itu akan dipasang di batas-batas desa. Dengan begitu, akan ketahuan sampah di desa mana yang paling banyak menumpuk. ’’Langkah ini sudah kami sosialisas­ikan ke desa-desa. Semoga dengan langkah itu pihak desa dan masyarakat ikut tergerak untuk menjaga kebersihan sungai,’’ ungkap Sigit.

Mantan Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo itu menegaskan, meminimalk­an problem sampah bukan hanya tugas dinas PUPR serta dinas lingkungan hidup dan kebersihan, melainkan seluruh lapisan masyarakat. Percuma jika dua instansi tersebut terus bersihbers­ih, tetapi masyarakat­nya tetap belum sadar dan masih seenaknya membuang sampah ke sungai. ’’Masyarakat harus disadarkan untuk tidak buang sampah di sungai lagi,’’ tegasnya.

Anggaran

Realisasi

Sisa

Anggaran

Realisasi

Sisa

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? HAMPIR BERSIH: Alat berat dikerahkan untuk mengangkat sampah di Sungai Jumputrejo kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS HAMPIR BERSIH: Alat berat dikerahkan untuk mengangkat sampah di Sungai Jumputrejo kemarin.
 ?? FIRMA ZUHDI / JAWA POS ?? GURU BERPRESTAS­I: Irra Fatukawati, pengajar SMA Hang Tuah 5, menunjukka­n dua piala yang baru saja didapatkan.
FIRMA ZUHDI / JAWA POS GURU BERPRESTAS­I: Irra Fatukawati, pengajar SMA Hang Tuah 5, menunjukka­n dua piala yang baru saja didapatkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia