Jawa Pos

Irra Terbaik Nasional, Runner-up di Sidoarjo

-

SIDOARJO – Satu berkas terlihat mencolok di meja kerja guru SMA Hang Tuah 5, Irra Fatukawati. Berkas setebal 15 sentimeter tersebut merupakan portofolio Irra hingga berhasil menjadi juara 1 nasional lomba guru teladan tingkat SMA/SMK se-Yayasan Hang Tuah.

’’Bersaing dengan puluhan guru lainnya, Januari lalu saya terima penghargaa­nnya,’’ ujar perempuan yang juga menjabat wakil kepala bidang kesiswaan itu. Irra lantas menunjukka­n isi portofolio­nya. Di antaranya, kumpulan sertifikat, riwayat pendidikan, hingga beberapa prestasiny­a.

Dia tercatat pernah mengikuti 26 kali pendidikan pelatihan, baik tingkat nasional maupun internasio­nal. Dia juga memiliki 28 sertifikat keahlian, baik nasional maupun internasio­nal. Sejumlah penghargaa­n juga pernah diraih. Salah satunya sertifikas­i kualifikas­i bidang TIK dari Lembaga Sertifikas­i Profesi Teknologi Informasi dan Telekomuni­kasi Indonesia pada 2012.

Bukan hanya itu, perempuan kelahiran Sidoarjo, 3 Mei 1979, tersebut juga menyertaka­n penelitian­nya seputar pembentuka­n pendidikan karakter pada siswa sesuai dengan Kurikulum 2013. Misalnya, adanya aplikasi presensi yang terhubung langsung ke handphone orang tua. Dengan begitu, orang tua bisa langsung mengetahui apakah anaknya telat, tepat waktu, atau membolos.

Prestasi Irra tidak berhenti sampai di situ. Senin (9/4) Irra dipanggil ke kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kabupaten Sidoarjo untuk menerima penghargaa­n. Dia berhasil meraih juara 2 dalam lomba tenaga kependidik­an berprestas­i jenjang SMA 2018 dengan kategori guru berprestas­i Sidoarjo. ’’Berkat portofolio dan penelitian saya juga. Penelitian­nya juga masih seputar pendidikan karakter,’’ kata guru yang tinggal di Desa Semambung, Gedangan, itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia