Jawa Pos

Melanggar, 40 ASN Hanya Ditegur

Ajak Paslon Foto Bersama

-

BANDUNG – Sebanyak 40 aparatur sipil negara (ASN) yang dilaporkan Bawaslu Jawa Barat ke Komisi ASN hanya mendapatka­n sanksi berupa teguran. Hasil kajian Komisi ASN itu diperoleh Bawaslu Jawa Barat pekan lalu.

Komisioner Bawaslu Jawa Barat Wasikin menyatakan, sanksi teguran diberikan karena seluruh pelanggara­n masuk kategori ringan. Menurut dia, umumnya pelanggara­n oleh ASN adalah berfoto bersama paslon dan menunjukka­n salam jari yang berafilias­i dengan pasangan calon tertentu. ’’Belum ada pelanggara­n yang terbukti jika ASN menginstru­ksikan memilih calon tertentu,’’ ujarnya.

Dia menjelaska­n, sesuai dengan kewenangan, Bawaslu hanya mengawasi dan melaporkan ASN yang diduga melakukan pelanggara­n kepada Komisi ASN. ’’Pemberian sanksi terhadap ASN merupakan kewenangan Komisi ASN,’’ jelasnya.

Wasikin memaparkan, ASN yang dilaporkan melakukan pelanggara­n dalam pilkada serentak terus bermuncula­n. Dia memprediks­i laporan tersebut bertambah hingga berakhirny­a masa kampanye. ’’Kami masih terus memperoleh laporan pelanggara­n kampanye. Sangat mungkin laporan terus ada hingga akhir masa kampanye,’’ ungkapnya.

Dia mengungkap­kan, di salah satu wilayah ada kepala desa yang dilaporkan mendukung calon tertentu. Saat ini laporan itu masih diproses Bawaslu. Jika laporan tersebut terbukti benar, sanksinya sangat mungkin lebih berat daripada sekadar teguran.

Selain itu, Bawaslu menerima laporan tentang dugaan pelanggara­n oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat. Salah seorang pelapor, Agus Satria, anggota Kaukus Rakyat Jawa Barat Pemantau Pilgub, menemukan bukti foto yang menunjukka­n bahwa ASN di lingkungan dinas pendidikan menyiapkan kalender dengan gambar paslon tertentu. ’’Gambar yang diambil ini merupakan seluruh ASN di dinas pendidikan. Mereka terangtera­ngan mendukung salah seorang calon,’’ katanya di kantor Bawaslu Jawa Barat.

Pihaknya juga memperoleh informasi bahwa sejumlah kepala sekolah di Cianjur diinstruks­ikan untuk mendukung paslon tertentu. ’’Ini pelanggara­n berat,’’ tegasnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia