Jawa Pos

Bergantung Harga BBM Nonsubsidi

Persiapan Puasa Juga Pengaruhi Inflasi April

-

JAKARTA – Rencana penyesuaia­n harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi bisa berdampak kepada tingkat inflasi April. Meski demikian, Bank Indonesia (BI) menilai hal tersebut tidak perlu dikhawatir­kan. Sebab, kondisi harga-harga bahan pangan atau volatile food masih terkendali.

Gubernur BI Agus Martowardo­jo menyatakan, target inflasi tahun ini 3,5 persen masih sangat mungkin terealisas­i. ’’Apakah penyesuaia­n harga BBM nonsubsidi akan berdampak kepada inflasi, BI sudah mengkaji,’’ katanya akhir pekan lalu.

Pemerintah, lanjut dia, telah mengeluark­an statement bahwa listrik dan BBM subsidi tidak ada penyesuaia­n. Namun, harga BBM nonsubsidi akan ditinjau apakah disesuaika­n atau tidak. ’’Tetapi, secara umum, kita melihat core inflation dan volatile food dalam kondisi yang baik. Kurang lebih di bawah 4 persen dan di bawah 5 persen untuk core inflation maupun volatile food,’’ jelasnya.

Mantan Menkeu itu menuturkan, tiga tahun terakhir tingkat inflasi Indonesia selalu berada di bawah 4 persen. Secara berturut-turut sejak 2015, besaran inflasi tahunan adalah 3,3 persen, 3,2 persen, dan 3,6 persen.

Untuk tahun ini, Agus menekankan bahwa tingkat inflasi masih terkendali. Pada Januari, inflasi memang cukup tinggi, yakni 0,62 persen. Namun, angkanya mengecil pada bulan-bulan berikutnya. Bulan lalu besaran inflasi mencapai 0,2 persen. Pihaknya juga meyakini bahwa tingkat inflasi April akan rendah. ’’Ketika kami melakukan survei pada minggu kedua April, diperkirak­an inflasi 0,12 persen atau yearon-year 3,44 persen,’’ katanya.

Sementara itu, Project Consultant Asian Developmen­t Bank (ADB) Institute Eric Alexander Sugandi menuturkan, inflasi April justru bisa lebih rendah daripada bulan sebelumnya. Sebab, saat ini sudah masuk masa panen. Dengan demikian, diperkirak­an komoditas pangan seperti beras akan kembali mengalami deflasi.

Dia memprediks­i, besaran inflasi April mencapai 0,05 persen. ’’Walau tetap ada pengaruh dari kenaikan harga BBM nonsubsidi bulan lalu. Tapi, mestinya inflasi April lebih rendah karena adanya masa panen. Tapi, memang pada Mei akan lebih tinggi karena memasuki bulan puasa,’’ katanya.

Pengamat ekonomi Indef Bhima Yudhistira mengatakan, besaran inflasi April sangat bergantung kepada kenaikan harga BBM nonsubsidi dan inflasi pangan. Harga BBM nonsubsidi, misalnya pertalite dan pertamax, sangat mungkin disesuaika­n karena harga minyak mentah naik seiring dengan serangan AS ke Suriah.

 ?? FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS ?? KONSTRUKSI: Pengerjaan tiang pancang LRT kemarin (15/4). Pembanguna­n infrastruk­tur bertujuan menekan biaya logistik dan inflasi.
FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS KONSTRUKSI: Pengerjaan tiang pancang LRT kemarin (15/4). Pembanguna­n infrastruk­tur bertujuan menekan biaya logistik dan inflasi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia