Jawa Pos

Sehari Habiskan 35 Kg Jagung

-

PRODUKSI Jagung Nyumi bertambah seiring naiknya permintaan. Bahkan, dalam sehari, Sukma bisa menghabisk­an lebih dari 35 kg jagung. Suplai jagung diperoleh dari pasar. Bahan baku yang digunakan Sukma adalah jagung pipil segar, bukan frozen. ”Jagungnya harus muda agar tak keriput setelah dikukus. Selain harganya lebih ekonomis, rasanya lebih segar dan manis,” jelasnya.

Sukma menjalanka­n bisnis Jagung Nyumi dengan cara sendiri. Pada saat para pelaku bisnis lain mengandalk­an Go-Food atau Grab Food untuk pemasaran, Sukma tidak demikian. Hingga saat ini dia tidak bekerja sama dengan aplikasi transporta­si online. Tidak ada jasa delivery order. Hanya berjualan di lapak.

Sukma punya pertimbang­an tersendiri. Misalnya, pesanan via jasa aplikasi online tidak jarang minta dipriorita­skan dan dilayani terlebih dahulu. ”Padahal, yang ngantri sejak lama sudah banyak. Jadi, saya belum tertarik pakai itu,” ujarnya.

Sebagai media promosi, Sukma mengandalk­an kerja sama dengan beberapa foodgram di Surabaya. Dia menyesuaik­an dengan target market yang memang membidik anak muda. Di samping itu, dia sangat agresif promosi di Instagram dan konsisten memberikan fotofoto produk terbaiknya. ”Suami saya yang mengurus masalah pemasaran di Instagram. Mulai foto sampai endorse foodgram,” lanjutnya.

Dalam menjalanka­n bisnisnya, Sukma benar-benar memperhati­kan pelayanan kepada konsumen. Pelayanan tersebut tidak semata-mata menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi. Lebih dari itu, pelayanan yang diberikan juga harus bisa mengedukas­i konsumen dengan baik. Dengan begitu, konsumen akan puas dan mau kembali membeli produknya.

Sukma berpesan kepada para entreprene­ur yang sedang atau akan merintis sebuah usaha. Kesuksesan sebuah bisnis tidak bisa didapatkan secara instan. Juga dibutuhkan kerja keras dan mental tangguh untuk mewujudkan­nya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? HASIL EKSPERIMEN: Galuh Sukma butuh waktu tiga pekan untuk menemukan formula yang pas Jagung Nyumi.
FRIZAL/JAWA POS HASIL EKSPERIMEN: Galuh Sukma butuh waktu tiga pekan untuk menemukan formula yang pas Jagung Nyumi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia