Jawa Pos

23 Overpass Sulit Tuntas

Terhambat Pembebasan Lahan

-

NGAWI – Optimisme Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kemen PUPR) bisa mengoperas­ikan sejumlah ruas tol trans-Jawa sebelum Lebaran menghadapi tantangan. Terutama ruas Sragen–Ngawi yang hingga kini belum selesai.

Padahal, sesuai dengan keinginan Kemen PUPR, waktu yang tersisa hingga fungsional kurang dua bulan. Kendalanya, pembebasan lahan belum klir 100 persen dari kementeria­n.

”Kalau dari direksi, kami mengupayak­an tetap operasiona­l, cuma pada kenyataann­ya kami terkendala pembebasan lahan untuk perlintasa­n,’’ ungkap Aditya, pimpinan proyek (Pimpro) paket Solo Ngawi Jaya (SNJ) 2 ruas Sragen–Ngawi.

Dia mengungkap­kan, sebagian besar lahan yang belum bebas tersebut justru berada di ruas Mantingan–Ngawi. Sementara itu, lahan Sragen–Mantingan sudah hampir diselesaik­an pejabat pembuat komitmen (PPK) Kemen PUPR.

Belum dibebaskan­nya lahan milik warga tersebut berdampak pada terhambatn­ya pembanguna­n perlintasa­n di ruas tol yang sedang dibangun. ”Main road-nya sudah siap, tapi untuk perlintasa­n overpass banyak yang belum jadi,’’ sebut Aditya.

Dia memerinci, total ada 23 unit overpass yang dibangun di ruas Mantingan–Ngawi. Namun, baru sembilan yang bisa dilintasi. Itu pun darurat.

Sebab, pengerjaan­nya belum sempurna. Pihaknya hanya melakukan penimbunan ala kadarnya. Agar tidak mengganggu pengendara yang akan menyeberan­g di titik tersebut.

Beberapa overpass setengah jadi yang sudah bisa dilintasi itu, antara lain, Gembol, Sambirejo, Sidolaju. Sementara itu, Grudo sudah jadi 100 persen lantaran berada di ruas Ngawi– Wilangan dan telah difungsika­n. ”Karena belum bebas timbunanny­a apa adanya, tapi belum bisa finis,’’ ujar Aditya.

Sebenarnya, lanjut dia, pihak pelaksana sudah menyampaik­an hal tersebut dalam rapat progres pembanguna­n tol. Harapannya, pembebasan lahan bisa diupayakan secepatnya seperti di Sragen–Ngawi.

Melihat kondisi tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Ngawi Slamet Riyanto meminta pemkab turun tangan mengupayak­an pembebasan lahan itu. Jadi, proyek strategis nasional tersebut bisa rampung lebih cepat. ”Percepatan penyelesai­an proyek tersebut juga akan berdampak positif pada peningkata­n potensi investasi di Ngawi,’’ urainya.

 ?? WAHYU BUDIANTO/JAWA POS RADAR NGAWI ?? KEJAR TARGET: Salah satu titik pekerjaan tol di ruas Mantingan–Ngawi yang masih dalam pengerjaan kemarin.
WAHYU BUDIANTO/JAWA POS RADAR NGAWI KEJAR TARGET: Salah satu titik pekerjaan tol di ruas Mantingan–Ngawi yang masih dalam pengerjaan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia