Jawa Pos

Target 2020 Khatam WMM

MATIAS IBO

-

NAMA Matias Ibo identik dengan sepak bola. Meski saat ini dia sedang tidak menangani klub mana pun. Mantan fisioterap­is timnas sepak bola itu juga dikenal sebagai runner. Kemarin, di ajang Jogja Marathon 2018, Matias tampil di kategori half-marathon.

’’Tahun ini saya sudah ikut tiga FM. Di Bangkok Marathon (Februari 2018), Gold Coast Marathon (Juni 2018), dan New York City Marathon (November 2018),’’ kata pria asal Malang itu.

Di Bangkok Mara- thon 2018, catatan waktunya 4 jam 21 menit. Di Gold Coast Marathon nanti, Matias menargetka­n 3 jam

30 menit. Personal best FM-nya adalah 3 jam 45 menit yang diraih di London Marathon 2016. Untuk HM, catatan waktu terbaiknya 1 jam 40 menit. Sedangkan untuk 10K, dia tercepat finis dalam 39 menit. Kemarin, di Jogja Marathon, dia finis dalam 1 jam 44 menit.

Sudah 15 FM yang ditaklukka­n Matias selama ini. Namun, beberapa yang menurutnya paling fenomenal adalah Amsterdam Marathon 2005, Rotherdam Marathon 2006, London Marathon, dan Angkor Wat Marathon di Kamboja. ’’Di London, masyarakat sangat respek terhadap pelari. Kita seperti karnaval. Sepanjang rute dipadati penduduk,’’ ujar Matias.

Tentu menyelesai­kan enam race world marathon majors menjadi impian Matias. Target 2020 dia bisa menyelesai­kan semuanya. Tahun ini, bila berhasil menyelesai­kan New York City Marathon, berarti sudah tiga WMM yang dituntaska­n. Sebelumnya Berlin Marathon dan London Marathon. Tinggal Tokyo Marathon, Chicago Marathon, dan Boston Marathon. ’’Boston harus jadi yang terakhir,’’ kata pria kelahiran Malang, 6 Desember 1978, itu.

Matias memang sudah hobi berlari sejak SMP. Pada 1998 dia menimba ilmu di Belanda. Yakni pendidikan fisioterap­i di Universita­s Thim Van Der Laan, Utrecht. Pola latihan Matias agak berbeda. Dia tidak berlatih interval maupun fartlek. Lebih banyak menerapkan latihan endurance dan upper body strength. Menurut dia, dalam berlari jarak jauh, yang dibutuhkan tubuh adalah ketahanan.

Dalam sebulan, dia melahap rute lari ratusan kilometer. Maret lalu dia menempuh jarak total 324 km. Bulan ini sudah 150 km.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia