Jawa Pos

Penertiban Tunggu Permintaan Tertulis

Keluhan tentang Pasar Darmo Permai

-

SURABAYA – Sejumlah warga yang tinggal di Jalan Mayjen HR Muhammad dan Darmo Permai III, Sukomanung­gal, mengeluhka­n bau tidak sedap dan penataan pasar yang semrawut di bibir Pasar Darmo Permai. Selain mengganggu aktivitas warga, kegiatan pasar yang berlangsun­g pagi dan malam tersebut kerap menimbulka­n kemacetan pada jam sibuk.

Adam, warga Kelurahan Sonokwijen­an, menyatakan bahwa pihaknya sudah melaporkan hal itu ke kelurahan setempat. Namun, laporan tersebut hingga kini belum mendapat respons serius dari Kelurahan Sonokwijen­an. ’’Aktivitasn­ya tumpah ke jalan. Jadi, keluar masuk jalan raya makin susah,’’ ujarnya.

Menurut dia, dulu kondisi pasar tidak seperti sekarang. Semula hanya ada pedagang kaki lima yang menjual sayur-mayur dan bahan-bahan untuk memasak sehari-hari. Mereka menggunaka­n motor dan rombong serta tidak meninggalk­an lapak di jalanan.

Kondisi saat ini, lapak mereka disimpan di bahu jalan dan luasnya semakin bertambah. Kondisi tersebut tentu mengurangi badan jalan. ’’Harus ada penataan yang rapi,’’ paparnya.

Camat Sukomanung­gal Kusnan mengatakan, pihaknya sudah mengetahui permasalah­an tersebut. Hanya, perlu ada surat keterangan resmi dari warga terkait tuntutan mereka. Dengan demikian, pemkot bisa menerapkan aturan yang berlaku untuk menertibka­n pedagang. ’’Sudah saya rekomendas­ikan untuk membuat surat secara tertulis, tetapi sampai sekarang belum dilakukan warga,’’ ucapnya.

Kusnan menambahka­n, pasar tersebut dulu dikelola Lembaga Ketahanan Masyarakat Kelurahan (LKMK) Sonokwijen­an. Namun, sejak dua tahun terakhir pengelola pasar tersebut tidak jelas. Setelah ditelusuri, pasar itu hingga kini diketahui tanpa pengelola.

Dia menambahka­n, jika warga memang menghendak­i pasar tersebut ditertibka­n, akan ada petugas khusus dari pemkot yang datang. Dalam waktu dekat, pihaknya juga membuka mediasi antara warga dan pedagang. Dengan demikian, tuntutan dan harapan warga lebih tersampaik­an.

 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? BISA MELUBER: Pasar tradisiona­l Darmo Permai yang dikeluhkan warga.
JOS RIZAL/JAWA POS BISA MELUBER: Pasar tradisiona­l Darmo Permai yang dikeluhkan warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia