Jawa Pos

Jujukan Wisata Kampung Miniagrowi­sata

-

SURABAYA – Kampung Miniagrowi­sata di RT 02, RW XI, Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, menjadi salah satu kampung percontoha­n terinovati­f di Surabaya. Kampung tersebut juga kerap menjadi tujuan wisata bagi siswa sekolah maupun mahasiswa, bahkan instansi perusahaan.

Ketua RT 02 Heri Sulistiyon­o mengatakan, tamu yang berkunjung di kampung mereka rata-rata berniat menambah wawasan terkait kampung yang ramah lingkungan. ”Banyak juga mahasiswa yang datang sebagai referensi penelitian tugas akhir,” katanya.

Heri menambahka­n, kampung miniagrowi­sata berawal pada 2016 saat mengikuti event Surabaya Green and Clean (SGC). Saat itu, mereka menyabet juara utama dalam kategori kampung terinovati­f. Juara tersebut kembali diraih pada 2017. Akhirnya, warga menyodorka­n proposal ke PLN untuk menjadi salah satu kampung binaan perusahaan negara itu. ”Alhamdulil­lah, hasilnya bisa kita lihat saat ini,” ujarnya.

Kampung miniagrowi­sata itu memiliki banyak hal menarik. Satunya lele yang diternak warga. Lele tersebut berbeda dengan lele lainnya. Lele di kolam itu tidak berbau amis dan tidak berlendir. ”Karena makannya khusus, tidak sembaranga­n,” katanya. Selain lele yang menjadi ikon, ada tanamantan­aman buah yang bisa diambil langsung oleh pengunjung.

Di taman tersebut juga ada tanaman hias seperti anggrek. ”Tanaman dan pupuk mendapat bantuan dari dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH),” ujar Suprapto, penanggung jawab khusus lingkungan dan tanaman di kampung tersebut.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? DARI WARGA UNTUK WARGA: Warga memanen lele yang diternak di Kampung Miniagrowi­sata, RT 02, RW XI, Kelurahan Babat Jerawat.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS DARI WARGA UNTUK WARGA: Warga memanen lele yang diternak di Kampung Miniagrowi­sata, RT 02, RW XI, Kelurahan Babat Jerawat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia