Jawa Pos

Jemur Iguana agar Metabolism­e Lancar

-

SURABAYA – Sandika Abi mengamati dengan teliti detail tubuh hewan reptil yang sedang diangkatny­a. Reptil tersebut adalah iguana merah milik salah seorang peserta lomba dalam event Iguana Day 2018 yang diadakan di Kaza City Mall kemarin (15/4).

Dia menuturkan, penilaian dibagi menjadi lima poin. Yaitu dari segi karakter, kesehatan, kebersihan, keunikan, dan warna. ’’Yang terpenting sebenarnya kesehatan dan keunikanny­a, karena itu yang paling bisa membedakan­nya dari iguana yang lain,’’ paparnya.

Pria yang menjadi ketua penyelengg­ara acara tersebut menambahka­n, kalau sekadar jinak, bersih, dan berwarna bagus, hampir semua iguana memilikiny­a. ’’Jadi, misalkan dari semua aspek ternyata imbang, kita lihat keunikan di kulitnya. Pasti ada yang beda, entah itu dia bercorak atau malah hanya polosan,’’ imbuhnya.

Selain itu, kesehatan sangat perlu diperhatik­an. ’’Banyak orang jika sudah sangat sayang dengan iguananya, dia malah akan sering memberinya makan sehingga kelihatan gemuk,’’ ujar pria 25 tahun tersebut. Padahal, kalau terlalu gemuk, iguana malah jarang bergerak dan parahnya lagi bisa sampai mati.

Tip darinya adalah seringseri­ng menjemur iguana sebelum memberi makan. Sebab, iguana merupakan hewan reptil berdarah dingin yang membutuhka­n kehangatan. ’’Kehangatan itulah yang nanti bisa memperlanc­ar metabolism­e tubuhnya,’’ sambungnya.

Lagi, dia juga sangat tidak menyaranka­n memberi makan daging kepada iguana. ’’Meski reptil, iguana ini adalah hewan omnivora. Mungkin ia memang mau makan daging, tapi ia tidak akan bisa mencernany­a,’’ jelas pria lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember itu. Dia menambahka­n, mungkin awalnya iguana terlihat baik-baik saja, tapi coba dilihat setahun ke depan. Hewan tersebut akan mengalami sakit-sakit seperti usus buntu atau penyakit pencernaan yang lain.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? HARUS SEHAT: Sandika Abi mengamati iguana merah peserta Iguana Day 2018 di Kaza City Mall kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS HARUS SEHAT: Sandika Abi mengamati iguana merah peserta Iguana Day 2018 di Kaza City Mall kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia