Jawa Pos

Eka dan Luthfi Teguh Memegang Adat Jawa

-

SURABAYA – Usia kehamilan Eka Pratiwi Hadiyani sudah menginjak 26 minggu. Dalam adat Jawa, mitoni dilakukan dalam rentang usia kehamilan 24–28 minggu atau 6–7 bulan. Eka dan sang suami, Luthfi Ali, memilih mengadakan upacara mitoni kemarin (14/4).

Upacara mitoni dilakukan berdasar kesepakata­n kedua keluarga. ’’Sejak menikah, orang tua minta pertahanka­n adat Jawa,’’ ungkap perempuan 26 tahun tersebut. Apalagi, bayi yang dikandungn­ya merupakan cucu pertama kedua keluarga. ’’Jadi, dari awal kehamilan, sudah diperkirak­an akan mitoni,’’ tambah Eka.

Upacara dimulai dengan prosesi sungkem kepada orang tua dan mertua. Kemudian, dilanjutka­n siraman. Kain hijau membalut tubuh Eka. Untaian bunga melati melilit kepala Eka dan menggantun­g di pundaknya. Tujuh kerabat dekat calon ibu secara bergantian menyiramka­n air bercampur bunga ke tubuh Eka. Suami, orang tua, mertua, dan nenek Eka mengambil giliran.

Prosesi dilanjutka­n dengan pemotongan tali letrek yang mengikat perut calon ibu oleh calon ayah. Tali tersebut kemudian dibawa lari ke luar rumah dan dibuang. Luthfi kemudian diminta merogoh kelapa cengkir. Satu di antara dua kelapa cengkir yang melambangk­an jenis kelamin bayi harus diambil. Dua kelapa tersebut diukir dengan gambar wayang Dewi Kamaratih sebagai perlambang perempuan dan Dewa Kamajaya sebagai perlambang laki-laki. Luthfi berhasil meraih kelapa bergambar Dewi Kamaratih.

’’Kebetulan cewek ya. Waktu USG belum kelihatan, tapi ada kemungkina­n juga memang perempuan,’’ tutur perempuan yang berdomisil­i di Baratajaya tersebut.

Pada prosesi pantes-pantesan, Eka harus mencoba hingga tujuh baju. Dipandu sang istri, dia harus bertanya kepada para tamu undangan. ’’Pantes apa enggak?’’ ucap pria 27 tahun itu. Tamu undangan harus mengatakan tidak pantas hingga baju ke-6 dan mengatakan pantas pada baju ke-7.

 ?? DYAH RETNO/JAWA POS ?? RITUAL: Luthfi Ali bersiap melakukan prosesi siraman untuk istrinya, Eka.
DYAH RETNO/JAWA POS RITUAL: Luthfi Ali bersiap melakukan prosesi siraman untuk istrinya, Eka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia