Jawa Pos

TAK TERKALAHKA­N

- ANDREU DALMAU/ EPA-EFE

BARCELONA – Juara La Liga, tentu saja, tidak sama gengsi dan prestiseny­a dengan juara Liga Champions. Bagi Barcelona, kegagalan di Liga Champions musim ini, pasca dihentikan AS Roma di fase perempat final pekan lalu (11/4), tak akan terbayarka­n sekalipun memenangi

La Liga musim ini.

Namun, Barca bisa bangga dengan gelar

La Liga mereka seandainya mampu mengakhiri musim dengan statistik yang satu ini. Statistik apa? Tidak terkalahka­n sepanjang musim.

Hingga jornada ke-32, Barca memiliki catatan 25 kali kemenangan dan 7 kali seri. Bahkan, kemenangan 2-1 atas Valencia di Camp Nou kemarin dini hari WIB (15/4) membuat Andres Iniesta dkk tidak terkalahka­n dalam 39 laga beruntun. Itu adalah rekor baru di La Liga atau menyalip 38 laga tak terkalahka­n Real Sociedad pada periode 1979–1980.

Barca memang punya kans besar menuntaska­n musim dengan rekor unbeaten seiring hanya menyisakan satu ganjalan utama di enam jornada tersisa. Tak lain adalah menghadapi rival abadi, Real Madrid, dalam El Clasico ke-237 pada jornada ke-35 (6/5). Meski begitu, ada beberapa faktor yang membuat duel melawan Real bakal berpihak pada Barca. Sebut saja laga yang dihelat di Camp Nou. Lalu, di saat Barca sepenuhnya fokus di liga domestik, Real masih membagi konsentras­i dengan Liga Champions. Bahkan, Los Merengues menjalani laga sulit sebelum dan sesudah El Clasico. Masing-masing kontra Bayern Muenchen dalam leg kedua semifinal Liga Champions (2/5) dan menghadapi Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan pada jornada ke-36 (9/5).

Striker Barca Luis Suarez sangat antusias untuk membawa klubnya finis tak terkalahka­n di La Liga musim ini. Sebelumnya, Suarez mengkritik sikap Barcelonis­tas yang seolah tidak menganggap gelar La Liga sebagai capaian penting. ’’Bisa menuntaska­n sebuah musim kompetisi yang panjang dan melelahkan, seperti di La Liga, tanpa pernah menderita kekalahan adalah sebuah prestasi tersendiri,” ucap striker yang mencetak gol pertama Barca ke gawang Valencia kemarin itu sebagaiman­a dikutip dari Diario Gol.

Suarez yang menjadikan Valencia sebagai klub yang paling sering dibobol selama berkostum Barca (10 gol) juga berharap El Clasico tidak akan menjadi perusak ambisi unbeaten.

 ??  ??
 ?? ALBERT GEA/REUTERS MANU FERNANDEZ/AP ?? TAK TERGANTIKA­N: Marc-Andre ter Stegen selalu bermain dalam 39 laga tak terkalahka­n Barca. SEMANGAT LAGI: Gaya selebrasi ala Luis Suarez setelah membobol gawang Valencia di Camp Nou kemarin dini hari WIB (15/4).
ALBERT GEA/REUTERS MANU FERNANDEZ/AP TAK TERGANTIKA­N: Marc-Andre ter Stegen selalu bermain dalam 39 laga tak terkalahka­n Barca. SEMANGAT LAGI: Gaya selebrasi ala Luis Suarez setelah membobol gawang Valencia di Camp Nou kemarin dini hari WIB (15/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia