Jawa Pos

Kerja Berat bagi Golkar

Target 110 Kursi, Elektabili­tas di Bawah 10 Persen

-

JAKARTA – Hasil survei Media Survei Nasional (Median) menempatka­n Partai Golongan Karya di posisi ketiga dari sisi elektabili­tas parpol. Raihan elektabili­tas sebesar 9,3 persen tidak cukup membawa partai pimpinan Airlangga Hartarto itu meraih target 110 kursi DPR. Meski begitu, Partai Golkar masih optimistis bisa mencapai target, dengan sejumlah strategi yang akan diluncurka­n.

Keyakinan tersebut dilontarka­n Ketua Bidang Media dan Penggalang­an Opini DPP Partai Golkar Tubagus Ace Hasan Syadzily. Menanggapi hasil survei Median, Ace menilai hal itu menjadi data pembanding Partai Golkar demi menaikkan kembali elektabili­tas. ”Apa pun hasil survei, kami jadikan sebagai acuan untuk meningkatk­an elektabili­tas,” ucap Ace di Jakarta kemarin (16/4).

Menurut Ace, sampai saat ini Partai Golkar masih optimistis bahwa target 110 kursi bisa tercapai. Hasil survei elektabili­tas yang disampaika­n Median bisa menjadi acuan. Namun, Partai Golkar juga memiliki bahan acuan lain yang dipercaya. ”Kami memiliki survei yang berbeda dengan survei Median. Itu survei internal,” ujar Ace tanpa menyebut elektabili­tas Golkar berdasar survei internal.

Partai Golkar, lanjut Ace, memiliki empat program yang bisa menjadi sarana sosialisas­i ke publik. Empat program itu adalah sembako murah, tersediany­a lapangan pekerjaan, perumahan rakyat yang terjangkau harga dan aksesnya, dan digitalisa­si ekonomi. Partai Golkar akan membina para calon anggota legislatif untuk bisa efektif menyosiali­sasikan programpro­gram itu. ”Nama-nama bakal calon anggota legislatif juga akan diluncurka­n,’’ tutur Ace.

Sebelumnya, hasil survei Median yang dilakukan pada 24 Maret hingga 6 April menempatka­n Partai Golkar meraih posisi ketiga dengan elektabili­tas 9,3 persen. Raihan itu kalah jauh dengan elektabili­tas Partai Gerindra di posisi kedua dengan 15,1 persen dan PDIP di posisi puncak dengan 21,2 persen.

Capaian Partai Golkar tersebut ditempel ketat oleh Partai Kebangkita­n Bangsa. PKB yang sudah memastikan ingin mengusung Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden berada di posisi keempat dengan elektabili­tas 8,5 persen, disusul Partai Demokrat dengan 8,1 persen.

 ?? ERIE DINI/JAWA TIMUR ??
ERIE DINI/JAWA TIMUR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia