Jawa Pos

Siap Layani Mudik Lebaran dan Haji

Proyek Bandara Kertajati Sudah 96 Persen

-

JAKARTA – Pembanguna­n Bandara Internasio­nal Jawa Barat atau Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, dikebut. Rencananya, bandara itu melayani penerbanga­n untuk mudik Lebaran nanti.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementeria­n Perhubunga­n Baitul Ihwan mengungkap­kan, pembanguna­n bandara telah mencapai 96 persen. Yang dimaksud Baitul adalah pembanguna­n fisik bandara. ’’Untuk sisi udara sudah selesai 100 persen,’’ katanya saat dihubungi Jawa Pos kemarin (17/4).

Menurut Baitul, Menhub optimistis Bandara Kertajati dapat beroperasi pada angkutan Lebaran tahun ini. Rute penerbanga­n pun telah ditentukan, yakni Medan, Lampung, Pontianak, Surabaya, dan Palangka Raya. ’’Akan tetapi, kepastian kota tujuan juga akan melihat kembali minat pasar,’’ ujarnya.

Selain untuk melayani angkutan Lebaran, Baitul menjelaska­n bahwa tahun ini diharapkan Bandara Kertajati dapat digunakan sebagai bandara keberangka­tan calon jamaah haji dari Provinsi Jawa Barat. ’’Setelah angkutan Lebaran, bandara juga diharapkan bisa menjadi embarkasi haji, khususnya masyarakat dari sekitar Majalengka,’’ katanya.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi menyebut pengelola Bandara Kertajati adalah PT Angkasa Pura II. Rencananya, paling tidak dalam satu hari terdapat 10–20 penerbanga­n melalui Bandara Kertajati. Terkait dengan penerbanga­n haji, pihaknya berharap dalam waktu tiga bulan bisa direalisas­ikan. Budi menargetka­n setidaknya ada lima flight yang melayani penerbanga­n haji dari Bandara Kertajati.

Bandara Kertajati termasuk deretan bandara terbesar setelah Bandara Internasio­nal Soekarno-Hatta. Bandara itu ditargetka­n dapat menampung sekitar 5,6 juta penumpang per tahun. Saat ini bandara tersebut memiliki landasan pacu berukuran 2.500 x 60 meter. Namun, ke depan diperpanja­ng menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan ukuran runway sepanjang itu, bandara dapat didarati pesawat sejenis Boeing 777.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa progres pembanguna­n Bandara Kertajati masih sesuai dengan target. Presiden menargetka­n bandara itu bisa digunakan saat arus mudik dan pemberangk­atan jamaah haji. ’’Insya Allah bulan depan sudah akan kita coba mulai tanggal 24 Mei,’’ ujarnya saat melakukan peninjauan.

Jokowi menambahka­n, infrastruk­tur lainnya juga sedang disiapkan pemerintah. Mulai pengintegr­asian bandara dengan jalan tol Cipali hingga pembanguna­n kereta cepat Jakarta– Bandung yang rencananya disambungk­an ke Kertajati. ’’Rencana di depan ada kereta masuk ke sini,’’ imbuhnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG ?? SEGERA BEROPERASI: Bandara Internasio­nal Kertajati difoto dari udara kemarin (17/4). Pembanguna­n bandara di Majalengka, Jawa Barat, itu sudah hampir tuntas.
RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG SEGERA BEROPERASI: Bandara Internasio­nal Kertajati difoto dari udara kemarin (17/4). Pembanguna­n bandara di Majalengka, Jawa Barat, itu sudah hampir tuntas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia