Jawa Pos

Polda Riau Segel Kantor Abu Tours

-

PEKANBARU – Polda Riau menyegel kantor biro perjalanan umrah PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours di Jalan Harapan Raya, Pekanbaru, kemarin (17/4). Penyegelan itu merupakan tindak lanjut dugaan penipuan dan penggelapa­n dana jamaah umrah yang ditangani Polda Sulawesi Selatan (Sulsel).

”Hari ini kami pasang police line di kantor yang pernah dipakai Abu Tours,” kata Kepala Subdirekto­rat II Ditreskrim­sus Polda Riau AKBP Jhon Ginting kemarin.

Sejauh ini, terang Jhon, Polda Riau memang sebatas melakukan penyegelan. Untuk penggeleda­han dan penyitaan aset, pihaknya masih menunggu koordinasi dengan Polda Sulsel. Jika nanti diminta untuk penyitaan, Polda Riau siap melakukan.

”Kasus ini ditangani Polda Sulsel. Jadi, kalau Polda Sulsel meminta bantuan kami untuk penggeleda­han, kami geledah yang di dalam kantor. Aset-asetnya masih berada di dalam,” ujarnya.

Sementara itu, jumlah korban Abu Tours di Riau terdata 131 orang. Itu diketahui dari pengakuan para saksi. Menurut Jhon, sudah ada 13 saksi yang diperiksa. Sembilan di antaranya adalah korban dan empat lagi karyawan Abu Tours. Nanti, kata Jhon, seluruh berkas keterangan saksi juga dikirim ke Polda Sulsel sebagai bagian dari penyidikan mereka.

Jhon menambahka­n, 131 jamaah umrah yang menjadi korban Abu Tours seharusnya berangkat pada Januari, Februari, dan Maret 2018. Namun, hingga kini mereka belum diberangka­tkan. ”Jamaah terakhir yang diberangka­tkan Abu Tours pada Desember 2017 silam,” ucap Jhon.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia