Jawa Pos

Tukar Kartu Gratis, Biaya Transaksi Lebih Murah

-

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) menjadi babak baru perbankan Indonesia untuk mengurangi ketergantu­ngan pada principal system pembayaran asing seperti Visa dan MasterCard. Berikut obrolan wartawan Jawa Pos SHABRINA PARAMACITR­A dengan direktur Bank Central Asia (BCA). GPN adalah kebijakan yang dikeluarka­n Bank Indonesia (BI). Diterapkan bertahap, mulai kartu debit, kartu kredit, hingga transaksi di e-commerce. Bagaimana implementa­si GPN di BCA?

Saat ini GPN baru diterapkan pada kartu debit. BCA sudah meluncurka­n kartu debit dengan logo GPN. Kartu debit GPN BCA itu menggunaka­n chip yang hanya bisa dibaca secara domestik. Sebab, GPN memang hanya bisa diproses di dalam negeri dan untuk transaksi domestik saja.

Biaya administra­si kartu debit GPN lebih murah Rp 1.000 per bulan daripada kartu dengan logo principal asing. Mengapa bisa lebih efisien?

Biaya administra­si yang lebih murah ini disebabkan semua proses dari transaksi kartu itu dilakukan di dalam negeri. Tidak seperti kartu berlogo principal asing yang melakukan routing ke luar negeri, baru data dibawa masuk lagi ke Indonesia. Jadi, mengurangi biaya-biaya yang tidak terlalu perlu.

Apa manfaat kartu debit GPN untuk nasabah?

Dari 16,2 juta kartu BCA, 90 persennya ditransaks­ikan di dalam negeri. Daripada membayar biaya administra­si mahal-mahal, tapi enggak pernah atau jarang ke luar negeri, atau membayar mahal hanya karena ’’suatu saat nanti mau ke luar negeri’,’ lebih baik tukarkan saja dengan kartu GPN. Karena biaya transaksin­ya lebih murah, MDR (merchant discount rate) yang dibayar merchant ke bank itu juga lebih murah dan terstandar. Kartu GPN yang menggunaka­n chip juga menjadi upaya peningkata­n keamanan.

Bagaimana cara nasabah mengakses kartu debit GPN?

Nasabah bisa menukarkan kartu debitnya dengan datang ke bank, gratis. BCA juga punya mesin CS digital di kantor-kantor cabang utama. Tinggal menukar kartu lama dengan kartu yang baru di mesin itu. Nasabah yang membuka akun baru di

BCA juga bisa meminta kartu debit GPN. Tahun ini BCA menargetka­n bisa menerbitka­n 2 juta kartu debit GPN. Harganya

USD 1 per kartu, tapi itu ditanggung bank.

 ?? M. ALI/JAWA POS ??
M. ALI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia