Jawa Pos

Waspada Kerikil Tim Kecil

-

CROTONE – Juventus seharusnya bisa menang mudah saat melawan Crotone dini hari nanti WIB. Perbedaan kualitas dan posisi di klasemen sudah menggambar­kan semuanya. Hanya, allenatore Juve Massimilia­no Allegri tidak mengingink­an pemainnya pongah.

Menurut dia, justru tim kecil seperti Crotone bisa menjadi kerikil yang mengganggu laju Gianluigi Buffon dkk. Allegri lalu merujuk beberapa momentum saat Juve ditahan tim kecil. Salah satunya, bermain imbang 0-0 melawan SPAL (18/3).

’’Dua pertanding­an pekan ini sangat krusial,’’ kata Allegri dalam konferensi pers tadi malam sebagaiman­a dikutip Football Italia. ’’Justru melawan Crotone bisa menghadirk­an tekanan tersendiri. Sebab, kami ingin mempertaha­nkan selisih enam poin dengan Napoli saat menjamu mereka akhir pekan ini (23/4),’’ sambung pelatih 50 tahun tersebut.

Allegri sudah menyiapkan rotasi. Hanya, tujuan rotasi pada laga di Ezio Scida tersebut tidak sekadar untuk mengatasi kelelahan. Namun, itu dilakukan karena beberapa pemain sudah mengantong­i kartu kuning. Jika dini hari nanti mendapat kartu kuning lagi, mereka otomatis harus absen saat melawan Napoli. Contonya, Gonzalo Higuain yang diistiraha­tkan karena cedera saat Juve menang 3-0 atas Sampdoria. Namun, mengingat Mario Mandzukic yang menjadi penggantin­ya juga sudah bermain penuh saat menghadapi Il Samp, tetap terbuka kans Pipita turun pada laga nanti. Pemain lain yang dipastikan absen adalah gelandang genius Miralem Pjanic. Dia cedera saat tampil melawan Sampdoria. Bahkan, eks gelandang Roma itu juga diragukan tampil ketika timnya meladeni Napoli akhir pekan nanti.

’’Saya tidak peduli dengan kartu kuningnya (Higuain),’’ kata Allegri lagi. ’’Bila fit besok (dini hari nanti, Red), dia akan main. Sebab, selain kemenangan krusial melawan Napoli nanti, tiga poin harus kami amankan dulu besok (dini hari nanti, Red),’’ sambungnya.

Pernyataan eks pelatih AC Milan itu merujuk kepada sisa pertanding­an Juve yang lebih terjal daripada Partenopei. Saat Napoli sudah tidak melawan tim berat selain Juve, Nyonya Tua masih menyisakan laga melawan Inter Milan (29/4) dan AS Roma (13/5). Itu belum ditambah laga melelahkan lainnya melawan Milan di final Coppa Italia tiga hari sebelum melawan Gialloross­i.

Namun, Allegri mengatakan bahwa tekanan terbesar justru ada di Napoli. Sebab, dengan sudah mengoleksi 84 poin dan hanya membutuhka­n empat kemenangan dari enam giornata, musim Napoli bisa dikatakan selesai apabila mereka kalah pada giornata ke-33 dan ke-34. Sementara itu, Juve konsisten meraih poin sempurna.

’’Kami belum memenangka­n apa pun selama secara matematis segala kemungkina­n masih bisa terjadi. Bila kami mampu menang dalam dua giornata, scudetto sudah sangat dekat untuk dirayakan,’’ kata Allegri.

 ?? ALESSANDRO DI MARCO/EPA ?? AYO, BANTAI LAGI: Douglas Costa (kiri) dihadang bek Crotone Federico Ceccherini pada laga di Allianz Stadium, Turin (26/11).
ALESSANDRO DI MARCO/EPA AYO, BANTAI LAGI: Douglas Costa (kiri) dihadang bek Crotone Federico Ceccherini pada laga di Allianz Stadium, Turin (26/11).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia