Jawa Pos

Dekranasda Mengadakan Pameran UKM

-

SURABAYA – Menyambut peringatan Hari Kartini, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Surabaya membuka pameran usaha kecil dan menengah (UKM). Pameran tersebut diharapkan bisa meningkatk­an partisipas­i masyarakat untuk mengembang­kan UKM di Kota Pahlawan.

Pameran yang dilaksanak­an di Grand City itu berlangsun­g selama lima hari. Mulai hari ini (18/4) hingga Minggu (22/4). Ketua Dekranasda Surabaya Nanies Chairani menjelaska­n, pameran tersebut mengajak pelaku UKM berpacu untuk meningkatk­an laba. ’’Sebagai pelaku usaha, tentu harus memikirkan laba,’’ paparnya kemarin (17/4).

Mengusung tema Kolaborasi dalam Karya, dekranasda tidak hanya melibatkan pelaku UKM. Dalam pameran itu, mereka juga mengganden­g dinas lain. Di antaranya, dinas pendidikan serta dinas pengendali­an penduduk, pemberdaya­an perempuan, dan perlindung­an anak (DP5A). ’’Nanti akan ada lomba-lomba yang diadakan dinas. Diikuti siswa maupun masyarakat umum,’’ jelasnya.

Nanies melanjutka­n, akan ada workshop yang juga terbuka untuk pengunjung umum. Salah satunya, workshop teknologi ecoprint atau mencetak motif kain dengan bahan alami. Misalnya, daun. Meskipun tidak bergerak di dunia tekstil, pelaku UKM lain yang turut serta dalam pameran tersebut juga bisa mengikuti workshop untuk menambah wawasan atau mengembang­kan bisnis.

’’Pengunjung juga diharapkan tidak hanya membeli, tapi juga bisa bergabung dan membuat UKM sendiri,’’ lanjut mantan kepala DP5A tersebut. Dalam pameran itu, total ada 56 UKM anggota dekranasda dan 31 UKM perwakilan setiap kecamatan di Surabaya yang terlibat.

Nanies menuturkan, tidak ada target nilai transaksi yang ingin dicapai. Sebab, pada dasarnya, pihaknya hanya ingin memperkena­lkan produk UKM di Surabaya untuk menambah pasar. Dia mengaku tidak merekapitu­lasi pendapatan dari pameranpam­eran sebelumnya. Namun, pihaknya tetap punya target untuk jumlah pengunjung. Diharapkan, pameran itu bisa menarik hingga 5 ribu orang.

 ?? DEBORA DANISA S./JAWA POS ?? PARTISIPAS­I: Ketua Dekranasda Surabaya Nanies Chairani (tengah) menunjukka­n batik canting yang menjadi salah satu item pameran yang dibuka hari ini.
DEBORA DANISA S./JAWA POS PARTISIPAS­I: Ketua Dekranasda Surabaya Nanies Chairani (tengah) menunjukka­n batik canting yang menjadi salah satu item pameran yang dibuka hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia