Jawa Pos

Spin Wheel Ajak Teman Peduli Teman

-

SURABAYA – Hari Pendidikan Nasional kurang dua minggu lagi. Namun, semarak instansi pendidikan dalam menyambutn­ya sudah terasa di SD Kristen Gloria 2.

Para guru bersiap menyelengg­arakan Inovatif Learning Days minggu depan. Selama sepekan, mereka akan memamerkan inovasi mengajar dan dampaknya terhadap progres pembelajar­an siswa. Inovasi-inovasi yang diciptakan para guru tersebut akan dinilai oleh komite internal.

Yoel Palinggi adalah salah seorang guru yang bersiap memamerkan inovasinya. Pada Senin (16/4), guru pendidikan agama Kristen itu memantapka­n metode mengajarny­a yang diberi nama spin wheel.

Di depan murid kelas VI C, spin wheel digunakan untuk mengajar tema Peduli. Cara pengoperas­iannya sederhana. Yoel mengajarka­n pelajaran agama yang bersumber dari Alkitab. Siswa yang cermat dan mampu menjawab pertanyaan guru kemudian mendapat kesempatan untuk memutar spin wheel. Piringan diputar hingga berhenti dan jarumnya menunjuk ke sebuah angka. ’’Angka itu berupa absen siswa,’’ tuturnya.

Nomor presensi siswa yang terpilih itu akan diperhatik­an teman yang memutar piringan selama satu minggu. ’’Bukan cuma memperhati­kan, tapi murid tersebut harus mencatat kegiatan temannya, kemudian dilaporkan kepada guru seminggu sekali,’’ lanjut pria 35 tahun tersebut.

Yoel menambahka­n, sudah empat tahun metode itu digunakan sebagai metode pembelajar­an. Selain capaian nilai yang meningkat, metode tersebut berbanding lurus dengan kesuksesan peningkata­n bidang sosial dan komunikasi siswa. ’’Nggak ada lagi yang main HP sendiri atau murung ketika istirahat. Semuanya bersosiali­sasi dan bermain bersama,’’ lanjutnya.

Kepala SD Kristen Gloria 2 Lily Tjahjani menyatakan, metode

spin wheel cukup sukses digunakan. ’’Anak-anak juga lebih

care,’’ terangnya.

Lily menambahka­n, selain Yoel, ada lebih dari 40 guru yang menggunaka­n metode berbeda.

 ?? JOS RIZAL/ JAWA POS ?? INOVASI MENGAJAR: Yoel Palinggi (kanan) mengarahka­n muridnya untuk memutar spin wheel. Metode tersebut mengajarka­n murid untuk lebih peduli terhadap teman.
JOS RIZAL/ JAWA POS INOVASI MENGAJAR: Yoel Palinggi (kanan) mengarahka­n muridnya untuk memutar spin wheel. Metode tersebut mengajarka­n murid untuk lebih peduli terhadap teman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia