Jawa Pos

Kartini dalam Busana Batik

-

SURABAYA – Lima model tampil menawan membawakan koleksi terbaru Novita Yunus di de Soematra 1910 kemarin (17/4). Busana batik sutra khas Pekalongan itu didesain simpel dengan dipadukan cape.

Karya terbaru dari Batik Chic tersebut menceritak­an perjalanan kebaya dan wastra Indonesia. Sesuai dengan tema yang diusung, Cerita Kebaya Wastra Nusantara; Kartini-Kartini Inspiratif.

Novita mengatakan, koleksi Batik Chic kali ini ingin mengapresi­asi figur-figur perempuan Indonesia yang menginspir­asi. Salah satunya, RA Kartini. Para perempuan bukan hanya sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga berguna untuk masyarakat, bangsa, dan negara. ’’Saya memilih perempuan-perempuan dari berbagai bidang. Ada yang karirnya bagus, ada pula yang berjiwa sosial tinggi,’’ katanya.

Yang terpenting, perempuan inspiratif itu suka mengenakan baju tradisiona­l Indonesia. Harapannya, sosok tersebut bisa menginspir­asi banyak orang melalui batik karya terbarunya. ’’Itu yang akan kami bawa fashion show di Surabaya dan Jakarta nanti,’’ paparnya.

Novita juga menggunaka­n batik Madura, Tuban, dan Pekalongan. Menurut dia, setiap jenis batik tersebut memiliki motif dan corak warna yang unik. Misalnya, dari Tuban yang memiliki motif klasik, tetapi dapat didesain menjadi busana yang lebih modern dan kasual. ’’Pekalongan juga punya ciri khas khusus seperti bunga-bunga,’’ tuturnya.

Warna-warna premium di dalam koleksi terbarunya menampilka­n kesan mewah.

 ?? DIKA KAWENGIAN/ JAWA POS ?? CERITA KEBAYA: Lima model mengenakan kebaya rancangan Novita Yunus bertema Kartini di de Soematra 1910 kemarin.
DIKA KAWENGIAN/ JAWA POS CERITA KEBAYA: Lima model mengenakan kebaya rancangan Novita Yunus bertema Kartini di de Soematra 1910 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia