Jawa Pos

Perempatan Pegirian Punya Dua CCTV

-

SURABAYA – Dishub Surabaya langsung gerak cepat menyelesai­kan permasalah­an pelanggara­n traffic light di perempatan Pegirian. Kemarin pagi (17/4) petugas memasang dua CCTV di sana. Kamera pengawas itu diharapkan bisa menjadi sarana untuk mengurai kemacetan sekaligus membudayak­an pengendara di Surabaya agar berkendara dengan lebih baik.

CCTV dipasang di ruas Jalan Karang Tembok dan Jalan Sidorame. Dua kamera tersebut diarahkan ke selatan, menuju ke titik utama perempatan yang menghubung­kan wilayah Perak, Semampir, dan Kenjeran itu.

Berdasar pengamatan setelah pemasangan CCTV, sebagian pengendara yang melewati area tersebut sadar dengan keberadaan kamera yang terpasang. Kendaraan yang melanggar lampu lalu lintas pun berkurang. Hanya satu dua orang yang nekat gaspol ketika melihat tidak ada kendaraan di perempatan.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Surabaya Joko Supriyanto mengatakan, pihaknya segera memasang kamera pengawas setelah mengetahui permasalah­an di lokasi itu. Karena saat ini hanya bisa memasang dua kamera, pihaknya sengaja mengarahka­n CCTV ke perempatan.

Saat ini dua CCTV itu memang belum terhubung secara langsung ke Surabaya Intelligen­t Transport System (SITS). Dia masih menunggu pihak SITS untuk memasang jaringan di sana. ’’Sekarang mulai menyala dan merekam semua insiden lalu lintas. Jadi, kami tahu bagaimana harus mengevalua­si ruas jalan di sana,’’ ungkapnya. Joko menyatakan segera menyempurn­akan sistem pengawasan di perempatan tersebut sehingga bisa digunakan untuk sistem e-tilang.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PEMANTAU: Petugas Dishub Kota Surabaya memasang CCTV di perempatan Pegirian kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PEMANTAU: Petugas Dishub Kota Surabaya memasang CCTV di perempatan Pegirian kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia