Jawa Pos

Kontraseps­i Gratis untuk Warga

-

SURABAYA – Pemkot Surabaya bersama Pemprov Jatim mengadakan bakti sosial (baksos) program keluarga berencana (KB) kemarin (17/4). Kegiatan yang diadakan di Kecamatan Semampir itu diikuti masyarakat Surabaya Utara. Program KB menyasar pasangan muda dan ibu hamil risiko tinggi (bumil risti).

Dalam program tersebut, warga bisa mendapatka­n layanan kontraseps­i tanpa biaya alias gratis. Ada tiga jenis kontraseps­i yang ditawarkan. Yakni, vasektomi, pemasangan spiral, dan implan.

Menurut catatan petugas, ada 80 warga yang masuk jadi peserta KB. Sebagian merupakan perempuan usia produktif (30–40 tahun) dan memiliki anak lebih dari dua.

’’Saya sudah punya banyak anak. Susah ngempet kalau lagi pengin,’’ kata Sutinah sambil melirik suaminya. Perempuan asal Tambak Wedi itu menyatakan sudah punya tiga anak. Sutinah yang berusia 40 tahun ikut KB dengan alasan ingin menambah keharmonis­an keluarga.

Kasi KB Dinas Pengendali­an Penduduk Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak (DP5A) Surabaya Gita Putra Heru Yudanto menuturkan, baksos tersebut diselengga­rakan untuk jemput bola. Ada upaya mendekati masyarakat terkait pentingnya menggunaka­n KB.

’’Sebenarnya, kami memiliki sasaran. Yakni, pasangan muda dan bumil risti,’’ kata Heru. Menurut dia, DP5A telah bekerja sama dengan pihak kelurahan dan kecamatan. Rumah-rumah bumil risti di Semampir didatangi. Mereka diberi pemahaman soal kondisinya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia