Jawa Pos

Dana Rp 35 M untuk Plengsenga­n

-

SIDOARJO – Selain menormalis­asi sungai, tahun ini pemkab memperbaik­i dan membangun plengsenga­n. Sudah disediakan dana Rp 35 miliar untuk program penanggula­ngan banjir tersebut.

Kabid Bina Manfaat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Bambang Tjatur menyatakan, pembanguna­n dan perbaikan plengsenga­n berlangsun­g di sungai di Sidoarjo Utara dan Selatan. Di antaranya, wilayah Taman, Waru, dan Gedangan. Plengsenga­n yang bakal dibangun terletak di Sungai Buntung dan Jomblong. ’’Itu menjadi prioritas kami,’’ ujarnya.

Di sisi selatan tidak kalah banyak. Yakni, di Kota Sidoarjo, Candi, Tanggulang­in, serta Jabon. Salah satunya, Sungai Golondoro. ’’Bibir Sungai Golondoro banyak yang belum diplengsen­g,’’ ucapnya. ’’Banyak sedimentas­i juga di sana,’’ lanjutnya.

Alokasi anggaran untuk perbaikan dan pembanguna­n plengsenga­n itu mencapai Rp 35 miliar. Jumlah tersebut menurun dibandingk­an tahun lalu. Pada 2017, total anggaran yang disediakan mencapai Rp 64 miliar.

Bambang mengatakan, dana

Di Sebelah Utara Di Sebelah Selatan

rukan,’’ ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Agoes Boedi Tjahjono menuturkan, pembanguna­n plengsenga­n sesuai dengan masterplan penanganan banjir. ’’Fungsinya agar aliran air ke sungai lancar,’’ paparnya.

Dia menambahka­n, pemkab sudah menyusun masterplan banjir di selatan dan utara. Untuk wilayah selatan, yakni Jabon, Porong, dan Tanggulang­in, bakal ada pengerukan sungai. Selain itu, ada pembanguna­n long storage di Jabon.

Di wilayah utara seperti Krian, Taman, dan Waru, pemkab bakal mengeruk sungai. Kali Buntung dipriorita­skan. ’’Harapannya, genangan semakin berkurang,’’ ucapnya.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? PROGRAM CEGAH BANJIR: Di bibir Sungai Sidokare ini, akan dibangun plengsenga­n. Pengerjaan berlangsun­g tahun ini.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS PROGRAM CEGAH BANJIR: Di bibir Sungai Sidokare ini, akan dibangun plengsenga­n. Pengerjaan berlangsun­g tahun ini.
 ?? Sumber: Dinas PUPR Sidoarjo ?? pembanguna­n plengsenga­n memang lebih sedikit. Sebab, ada sejumlah anggaran yang dialihkan ke normalisas­i kali. ’’Tahun ini prioritas penanganan banjir memang kegiatan penge-
Sumber: Dinas PUPR Sidoarjo pembanguna­n plengsenga­n memang lebih sedikit. Sebab, ada sejumlah anggaran yang dialihkan ke normalisas­i kali. ’’Tahun ini prioritas penanganan banjir memang kegiatan penge-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia