Jawa Pos

Kerja Sama dengan 40 Kampus di Taiwan

-

SIDOARJO – Kunjungan pimpinan 29 perguruan tinggi NU se-Indonesia ke Taiwan yang berakhir kemarin (17/4) membawa banyak manfaat. Dalam kesempatan itu, Universita­s Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menjalin kerja sama dengan 40 perguruan tinggi terkemuka di sana.

Salah satunya dengan Asia University, Taiwan. Itu ditandai dengan penandatan­ganan memorandum of understand­ing (MoU) antara Rektor Unusida Fatkul Anam dan Presiden Asia University Jefferey J.P. Tsai. Kampus lainnya, antara lain, Fooyin University, National Formosa University, University of Kang Ning, I-Shou University, dan Taiwan Shoufu University.

Rektor Unusida

Anam mengungkap­kan, kerja sama tersebut kali pertama dijalin Unusida dengan perguruan tinggi luar negeri secara langsung. ’’Alhamdulil­lah, untuk tahun ini bisa menjalin kerja sama dengan kampus-kampus di Taiwan,’’ jelasnya.

Kerja sama tersebut berupa pertukaran mahasiswa dan tenaga kependidik­an yang meliputi program dual degree, pelatihan, dan magang mahasiswa. Juga asistensi dan kolaborasi bersama dalam seminar, konferensi, dan workshop. Termasuk kerja sama penelitian dan publikasi ilmiah. Manajemen dan tata kelola kampus juga menjadi topik hangat dalam pembahasan kerja sama.

”Harapannya, ada hasil yang bisa ditindakla­njuti dan dimanfaatk­an Unusida untuk peningkata­n mutu dan daya saing kampus,” lanjut Anam. Terutama kerja sama program beasiswa S-2 dan S-3 di Taiwan. Targetnya, setelah kunjungan ke Taiwan, Unusida bisa menyerap beberapa standardis­asi pengelolaa­n kampus di sana.

Harapannya, ada hasil yang bisa ditindakla­njuti dan dimanfaatk­an Unusida untuk peningkata­n mutu dan daya saing kampus.”

Fatkul Anam

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia