Jawa Pos

Cari Duta GenRe Jatim

-

SURABAYA – Badan Kependuduk­an dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jatim menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat provinsi. Acara tersebut diselengga­rakan di Royal Plaza kemarin (21/4). Sebanyak 20 pasang finalis memperebut­kan kursi untuk mewakili Jatim ke Pemilihan Duta GenRe Nasional 2018.

Sebelumnya, terdapat 100 peserta dari kabupaten dan kota di Jatim. Mereka merupakan pemenang dari wilayah masing-masing. Seluruh peserta tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni jalur pendidikan dan jalur masyarakat.

”Peserta jalur pendidikan merupakan perwakilan dari kampus ataupun sekolah. Sementara itu, untuk jalur masyarakat, peserta berasal dari LSM (lembaga swadaya masyarakat), karang taruna, dan Saka Kencana Pramuka,” ujar Kasubid Ketahanan Remaja BKKBN Jatim Nyigit Wudi Amini.

Semua finalis GenRe bertugas menyosiali­sasikan program BKKBN. Terutama mengenai imbauan untuk tidak menikah dini serta ajakan tidak mengonsums­i narkoba dan menghindar­i pergaulan bebas. ”Baik pemenang maupun bukan, semua finalis sudah berkewajib­an menyampaik­an hal tersebut ke lingkungan sekitarnya,” tuturnya.

Kriteria yang disyaratka­n BKKBN untuk mencari duta terbaik yakni mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Menguasai kebudayaan, adat, serta menguasai bahasa asing minimal bahasa Inggris. Selain itu menguasai materi TRIAD KRR (kesehatan reproduksi remaja), lifeskill, delapan fungsi keluarga dan wawasan umum lainnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia