Jawa Pos

Buruh Siap Sumbang Dua Juta Suara

-

SEMARANG – Pasangan calon Sudirman Said dan Ida Fauziyah mendapat suntikan dukungan dari akar rumput. Organisasi buruh Jawa Tengah (Jateng) siap menyumbang­kan dua juta suara untuk memenangka­n pasangan nomor urut 2 itu dalam Pilgub Jateng 2018.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN) Nanang Setyono menegaskan hal itu dalam acara deklarasi dukungan buruh Jateng untuk pasangan Sudirman-Ida pada Sabtu (21/4) di Semarang. Dalam sambutanny­a, Nanang menyampaik­an bahwa jumlah buruh di Jateng mencapai 200 ribu orang. Ditambah keluarga, jika dihitung rata-rata buruh memiliki satu anak saja, sudah ada 600 ribu.

”Dari 600 ribu orang itu, kami minta mereka membawa dua orang saja, sudah 1,2 juta. Tapi, kami yakin bisa menyumbang­kan dua juta suara,” ujarnya kemarin (22/4).

Pihaknya menaruh harapan besar kepada Sudirman dalam meningkatk­an kesejahter­aan buruh Jateng. ”Upah buruh di Jateng adalah upah termurah se-Indonesia. Kami berharap Pak Dirman (sapaan Sudirman Said, Red) nanti dapat meningkatk­an kesejahter­aan buruh dengan program-programnya yang prorakyat,” imbuh dia.

Sementara itu, Sudirman menyampaik­an terima kasih atas dukungan yang luar biasa dari kaum buruh di Jateng. Menurut dia, sumbangan dua juta suara tersebut sangat berarti untuk upaya kemenangan dirinya. ”Dua juta suara itu 20 persen dari target suara kami. Kalau dapat 12 juta suara, kami akan aman,” ungkap dia.

Sudirman berjanji, jika diberi kepercayaa­n masyarakat Jateng, dirinya bakal membuat program rumah untuk buruh. Dia kembali menyinggun­g akan meniru konsep DP 0 persen seperti yang dilakukan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di DKI Jakarta.

”Kita juga bisa melakukan itu. Saya akan mendata lahan milik pemprov yang belum dimanfaatk­an dan saya undang investor untuk membangun rumah bagi rakyat kecil. Termasuk buruh,” tegasnya.

 ?? TIM KAMPANYE SUDIRMAN SAID FOR JAWA POS ?? DEKLARASI DUKUNGAN: Sudirman Said (tengah) bersama anggota Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional di Semarang (21/4).
TIM KAMPANYE SUDIRMAN SAID FOR JAWA POS DEKLARASI DUKUNGAN: Sudirman Said (tengah) bersama anggota Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional di Semarang (21/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia