Jawa Pos

PANJANG UMUR, YANG MULIA...

-

Saya berjanji kepada Anda bahwa seluruh hidup saya, baik singkat atau panjang, akan dipersemba­hkan untuk melayani Anda.” ELIZABETH II RATU INGGRIS

PEMIMPIN MONARKI TERTUA YANG MASIH HIDUP

Lahir pada 21 April 1926 dengan nama Elizabeth Alexandra Mary. Karena cadel, dia menyebut dirinya Lilibet. Itu jadi panggilan kesayangan­nya di keluarga. Sebelumnya ada Ratu Victoria yang meninggal saat usia 81 tahun, Raja Bhumibol Adulyadej yang meninggal di usia 88 tahun, dan Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud yang wafat saat umur 90 tahun.

PERNIKAHAN KELUARGA KERAJAAN TERLAMA

Jatuh cinta dengan Pangeran Philip di usia 13 tahun. Saat itu Pangeran Philip yang berusia 18 tahun mengantar Elizabeth dan saudarinya, Margaret, melihat-lihat Royal Naval College di Dartmouth. Mereka menikah pada 20 November 1947.

RATU TERLAMA YANG MEMERINTAH DI INGGRIS

Menjadi ratu pada 6 Februari 1952 setelah ayahnya, Raja George VI, meninggal.

Upacara kenaikan takhta baru dilakukan 2 Juni 1953 di Gereja Westminste­r Abbey, menunggu masa berkabung Raja George VI usai.

Pada 9 September 2015, dia menjadi ratu terlama yang memerintah di Inggris, mengalahka­n nenek buyutnya, Ratu Victoria.

Tanggal 6 Februari 2017 merupakan perayaan safir alias Sapphire Jubilee yang menandai 65 tahun Elizabeth naik takhta. Dia satu-satunya ratu Inggris yang pernah merayakann­ya.

KEPALA NEGARA YANG PALING LAMA BERKUASA DI DUNIA

PEMIMPIN KERAJAAN YANG PALING SERING PELESIR

Pada 2015, Elizabeth sudah berkunjung ke 116 negara dalam 265 kunjungan kenegaraan. SATU-SATUNYA KEPALA NEGARA YANG MEMBUKA DUA OLIMPIADE BERBEDA

Pada 1976, dia membuka Olimpiade 1976 di Montreal, Kanada.

Pada 2012, dia membuka Olimpiade di London, Inggris.

SOSOK YANG PALING BANYAK TERCETAK DI UANG LOGAM BERBAGAI NEGARA

Wajah Elizabeth II tercetak di uang koin 16 negara persemakmu­ran yang dipimpinny­a. Bahkan, Fiji dan beberapa negara yang sudah tidak jadi anggota perserikat­an masih memakai koin bergambar Elizabeth II.

DUA ULANG TAHUN

Ulang tahun kenegaraan Ratu Elizabeth II biasanya digelar Sabtu kedua bulan Juni. Raja dan ratu di Inggris memiliki dua ulang tahun. Yang satu adalah hari lahir asli. Yang satu lagi adalah perayaan yang digelar bersama rakyat saat cuaca sedang bagus.

 ?? ANDREW PARSONS/REUTERS ?? RATU ’’ABADI’’: Elizabeth II saat perayaan ulang tahun ke-92 di Royal Albert Hall, London, Sabtu waktu setempat (21/4).
ANDREW PARSONS/REUTERS RATU ’’ABADI’’: Elizabeth II saat perayaan ulang tahun ke-92 di Royal Albert Hall, London, Sabtu waktu setempat (21/4).
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia