Jawa Pos

Jangan Berhenti Sebarkan Hal Positif

SONIA FERGINA CITRA

-

Terpilih sebagai Puteri Indonesia 2018 membuat Sonia Fergina Citra menjadi sosok yang mewakili citra perempuan Indonesia. Perempuan asal Tanjung Pandan, Bangka Belitung, itu juga memiliki pandangan tersendiri mengenai Hari Kartini dan peran perempuan Indonesia. Apa makna Hari Kartini?

Hari Kartini saya anggap sebagai bentuk apresiasi atas jasa beliau dalam memajukan perempuan. Untuk membuat Hari Kartini bermakna, perempuan masa kini harus lebih banyak berprestas­i dan menebarkan pengaruh positif lewat berbagai aktivitasn­ya.

Bagaimana kamu ikut menerapkan semangat juang Kartini?

Menjadi Puteri Indonesia berarti saya terpilih sebagai sosok pemimpin dan inspirator. Saya punya tanggung jawab untuk mengajak sesama perempuan dan generasi muda untuk terus berkarya secara nyata dan berprestas­i di bidangnya masingmasi­ng.

Bagaimana dengan peran serta untuk memajukan bangsa dan negara?

Saya aktif dalam berbagai kegiatan sosial untuk menyejahte­rakan masyarakat. Selain itu, saya aktif mengenalka­n budaya dan pariwisata Indonesia ke tingkat internasio­nal. Dengan demikian, perempuan bisa memajukan masyarakat dan daerahnya.

Apa peran strategis perempuan untuk menjadi Kartini di era serbadigit­al?

Menyebarka­n pesan dan hal positif lewat media sosial. Saya benar-benar memfilter apa yang hendak saya unggah atau ketik. Walaupun ada komentar negatif, kita tidak boleh berhenti menyebarka­n hal positif. Saya percaya segala sesuatu akan lebih baik kalau kita menyebarka­n kebaikan di media sosial.

Menurut kamu, bagaimana peran perempuan di bidang pemerintah­an dan politik saat ini?

Sangat berkembang berkat emansipasi. Banyak perempuan yang menjadi pemimpin dan menteri. Itu menunjukka­n bahwa masyarakat kita sudah bisa menerima kesetaraan gender, termasuk di bidang pemerintah­an.

Apakah ada minat untuk terjun ke dunia politik setelah tak lagi menjadi Puteri Indonesia 2018?

Wah, belum ada bayangan soal itu. Fokus saya saat ini adalah menjalanka­n tugas sebagai Puteri Indonesia dengan baik dan benar.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia