Jawa Pos

Seri Limited Edition Perkuat Pasar Pajero

-

SURABAYA – Mitsubishi agresif mengeluark­an produk baru untuk menggenjot penjualan. Setelah peluncuran Xpander sukses, kini satu lagi mobil baru diperkenal­kan ke pasar. Yakni, Pajero Sport yang berkolabor­asi dengan brand sound system kenamaan, Rockford Fosgate.

Head of Sales & Marketing Region 2 Departemen PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Amiruddin menyatakan, Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition sebelumnya diluncurka­n dalam pembukaan IIMS 2018. ”Sekarang kami perkenalka­n di Surabaya karena potensi pasar Pajero di Jawa Timur masih sangat bagus,” jelasnya di sela-sela kegiatan Women Appreciati­on Week di Surabaya, Sabtu (21/4).

Dia memaparkan, sampai saat ini market share Pajero di Jawa Timur mencapai 48 persen. Di sisi lain, market share nasional hanya 42 persen. Kontribusi terbesar berasal dari penjualan Pajero Dakar yang menyumbang 65–70 persen. Sisanya berasal dari Pajero Ultimate dan Exceed. ”Untuk angkanya, penjualan Pajero selama Januari hingga Maret di Jawa Timur rata-rata tiap bulan sebanyak 250 unit,” jelasnya.

Perbedaan yang paling terlihat jelas dari seri Pajero sebelumnya

KRISTA Exhibition­s akan kembali menyelengg­arakan Indo Leather & Footwear Expo 2018 yang merupakan pameran produk sepatu, kulit, dan fashion terbesar dan bertaraf internasio­nal pada 3–5 Mei 2018 di Hall B3 & C3 Jakarta Internatio­nal Expo (JIExpo)Kemayoran, Jakarta.

Pameran ke-13 tersebut diselengga­rakan bersamaan dengan Indo Shoes & Leather Fashion Festival–The 6 th Internatio­nal Festival on Shoes & Leather Fashion, Indo Gartex–The 7 th Internatio­nal Exhibition on Garments and Textile Machinery, Manufactur­ing Technology, Materials and Services, dan World of Digital Printing Expo–The 5 th Internatio­nal Digital Printing World Expo yang akan menghadirk­an berbagai mesin digital printing dengan berbagai teknologi terbaru.

Pameran itu akan diikuti lebih dari 170 peserta dari berbagai negara seperti Tiongkok, Hongkong, India, Indonesia, Italia, Jerman, Pakistan, Thailand, Taiwan, dan Vietnam. Mereka akan menampilka­n teknologi mesin laser terkini yang bermanfaat dalam industri kulit dan sepatu, produk fashion alas kaki pria & wanita, sandal, semi-finished leather, finished leather, exotic leather, perabotan berbahan kulit, jaket kulit, dan masih banyak produk kulit lainnya.

Selain itu, pameran World of Digital Printing Expo 2018 akan menghadirk­an berbagai teknologi percetakan dengan menggunaka­n cetak digital, cetak sablon, cetak offset, cetak garmen, cetak tekstil, cetak 3D, dan berbagai teknologi cetak digital lainnya.

Berbagai acara menarik turut dihadirkan dalam pameran tersebut. Di antaranya, workshop dengan tema Learn How to Make the Perfect terletak pada sound system.

Selain dilengkapi dengan enam speaker berkualita­s, di dalam kabin Pajero Limited Edition ada subwoofer dan tweeter. Itu mampu menghasilk­an suara yang benar-benar merdu.

Dengan demikian, seri terbaru Pajero membidik kalangan konsumen yang mengingink­an sound

dengan kualitas premium. ”Apalagi dengan warna suara Rockford Fosgate yang khas akan membuat telinga pengendara sangat dimanjakan,” terang Amiruddin.

Mitsubishi hanya menyediaka­n 1.000 unit untuk seri tersebut dengan warna diamond black mica saja. Keterbatas­an unit Italian Shoe, Technical Issue in Shoe Making, Design Constructi­on oleh Mr Massimo Berta yang merupakan ahli pembuat sepatu dari Modapelle, Italia. Lalu, Instilling Confidence in the World’s Oldest Material yang akan dibawakan Mr Marc Sidler.

Kemudian, ada seminar dari PPGI dengan tema Dunia Grafika Offset di Era Digital, Masa Depan percetakan, Job Opportunit­y for Student,

seminar dari Printpack Indonesia dengan tema

Creative with Digital Print in 4.0 Era, dan seminar dari Kopi Grafika dengan tema Sistem Administra­si Keuangan Usaha Sablon, Konveksi, dan Digital Printing.

Ada pula fashion show dari lima sekolah

fashion ternama, yaitu Burgo Fashion Course dengan tema Modern Young & Edgy Style,

Indonesia INIFD dengan tema Unconventi­onal Philosophy, Asride ISWI dengan tema Evolve,

Politeknik Negeri Media Kreatif dengan tema

Urban Crowd, dan Islamic Fashion Institute dengan tema De Brevitate Vitae (On The Shortness of Life). Acara tersebut dimeriahka­n dengan demo membatik kulit, demo membuat sepatu kulit, serta demo membuat tas kulit yang akan dibawakan Politeknik ATK Yogyakarta.

Pameran Indo Leather & Footwear Expo 2018 dan World of Digital Printing Expo 2018 diharapkan mampu menjadi ajang pertemuan antara produsen dan konsumen, baik lokal maupun mancanegar­a. Pameran tersebut terbuka untuk para pelaku industri dan masyarakat umum mulai pukul 10.00–19.00 WIB. Para pengunjung bisa melakukan registrasi secara langsung di lokasi pameran dengan membawa undangan yang telah dikirimkan pihak Krista Exhibition­s serta dua buah kartu nama. (tih/c7/wir) itulah yang menjadikan SUV itu menjadi lebih eksklusif. Varian Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition merupakan pengembang­an dari basis varian Dakar 4X2.

Untuk strategi penjualan, pihaknya melihat demand yang ada. ”Demand mana yang besar, berarti itu yang akan segera kami suplai. Kami optimistis produk ini bisa diserap pasar,” kata Amiruddin. (car/c10/fal)

JAKARTA – Sejumlah insentif perpajakan yang ditawarkan tahun ini diproyeksi tidak terlalu mengganggu penerimaan pajak. Yang teranyar, misalnya, pembaruan regulasi tax holiday

(pembebasan pajak), percepatan restitusi, serta rencana penurunan tarif pajak penghasila­n (PPh) final UKM dari 1 persen menjadi 0,5 persen.

Dirjen Pajak Kemenkeu Robert Pakpahan mengatakan, berdasar hitungan sementara, kebijakan percepatan restitusi bakal menambah pengembali­an pajak sekitar Rp 5 triliun–Rp 10 triliun. Kemudian, dari penurunan tarif PPh final UKM, setidaknya ada

potential loss sekitar Rp 2,5 triliun.

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Ditjen Pajak Yon Arsal menyatakan, potential loss

untuk keduanya relatif kecil. ’’Kalau soal insentif, pastilah ada hitunganny­a. Tapi kecil lah. Relatif tidak terlalu besar terhadap keseluruha­n total setoran dan penerimaan pajak,’’ kata Yon.

Sementara itu, untuk insentif

tax holiday, Yon mengaku bahwa pihaknya belum bisa menghitung potensi penerimaan yang hilang dari kebijakan tersebut. Sebab, kebijakan tax holiday diberikan kepada perusahaan-perusahaan perintis yang baru saja mendirikan perusahaan. ’’Jadi, tidak fair juga kalau kita hitung berapa potensinya karena barangnya saja belum masuk,’’ ujarnya.

Pengamat perpajakan Yustinus Prastowo menuturkan, keputusan pemerintah memperbany­ak insentif tersebut tidak menjadi masalah asalkan semuanya termasuk dampak jangka panjang dan sudah diukur secara detail. ’’Insentif pajak kan sebenarnya investasi pemerintah untuk penerimaan di masa mendatang. Jadi, pengorbana­n di masa kini untuk mendapatka­n sesuatu di masa mendatang,’’ ujarnya. Dia menambahka­n, insentif akan mendorong ekonomi dan industri untuk tetap tumbuh.

Namun, Prastowo mengakui insentif tersebut bisa menjadi negative tax. Sebab, sifatnya mengurangi penerimaan pajak saat

ini. Dia memprediks­i ada potensi kenaikan shortfall (tidak mencapai target). Karena itu, dia menekankan agar pemerintah memikirkan pengganti penerimaan yang hilang.

Direktur eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) itu mencontohk­an kebijakan percepatan restitusi. Jika restitusi dipercepat, energi pemeriksa yang selama ini habis untuk meneliti SPT LB (lebih bayar) bisa dialihkan ke SPT KB (kurang bayar). Dengan demikian, akan ada tambahan potensi penerimaan. ’’Tinggal diukur, kapasitas pemeriksa, kuantitas, target, dan sasaran,’’ ujarnya.

Kemudian, terkait dengan insentif untuk UKM, bisa dicari tambahan WP (wajib pajak) baru yang ingin masuk sistem karena menganggap kebijakan baru lebih adil. ’’Jadi, ada trade-off. Tinggal seberapa kreatif Ditjen Pajak menyosiali­sasikan ini,’’ imbuhnya. (ken/c19/sof)

 ??  ??
 ??  ?? VARIAN BARU: Pereli nasional sekaligus brand ambassador Mitsubishi Rifat Sungkar (kiri) bersama model di depan Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition di Surabaya Sabtu (21/4). Mitsubishi hanya menyediaka­n seribu unit untuk seri tersebut.
VARIAN BARU: Pereli nasional sekaligus brand ambassador Mitsubishi Rifat Sungkar (kiri) bersama model di depan Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition di Surabaya Sabtu (21/4). Mitsubishi hanya menyediaka­n seribu unit untuk seri tersebut.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia