Jawa Pos

Angkat Plastik dari Dasar Laut

-

PROBOLINGG­O – Forum CSR Provinsi Jawa Timur menggelar bersih pantai di Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolingg­o. Acara untuk memperinga­ti Hari Bumi yang jatuh kemarin tersebut melibatkan beberapa perusahaan, siswa sekolah, komunitas, dan penghobi selam. Sasaran yang dibersihka­n adalah sampah plastik di permukaan dan dasar laut.

Pulau Gili Ketapang berada di sisi utara Kabupaten Probolingg­o. Pulau tersebut termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih. Untuk menuju pulau tersebut, masyarakat bisa menggunaka­n kapal di Pelabuhan Ujung Tembaga.

Jarak pulau dari bibir pantai sekitar 8 kilometer. Luasnya 68 hektare dengan jumlah penduduk lebih dari 9 ribu jiwa. Perairan laut di sekitar pulau tersebut cukup jernih. Dasar pantai bisa terlihat dari kapal.

Sayang, pasir pantai di bibir pantai yang berwarna putih itu mulai kotor. Banyak sampah plastik yang berserakan. Sebagian besar sampah itu berasal dari pengunjung yang singgah di pulau tersebut. Apabila dibiarkan, keindahan Pulau Gili Ketapang bisa tinggal kenangan.

Pjs Bupati Probolingg­o Tjahjo Widodo juga turut datang ke lokasi. Dia bersama rombongan tiba di pulau tersebut pukul 08.00. Tjahjo mengakui keindahan pulau itu. ’’Ada potensi yang bisa dikembangk­an,’’ katanya.

Tjahjo menyinggun­g masalah sampah di sekitar tempat wisata tersebut. Keindahan pantai bisa rusak karena sampah yang berserakan. Semua memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan. ’’Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya harus digalakkan,’’ imbuh dia.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ??
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PEDULI: Aaron Methew mengambil sampah plastik di kedalaman 4 meter di area wisata snorkeling Pulau Gili Ketapang. Para peduli lingkungan tengah mengambili sampah di Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolingg­o, kemarin.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PEDULI: Aaron Methew mengambil sampah plastik di kedalaman 4 meter di area wisata snorkeling Pulau Gili Ketapang. Para peduli lingkungan tengah mengambili sampah di Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolingg­o, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia