Jawa Pos

Air Mata Iniesta

-

BARCELONA – Kapten Barcelona Andres Iniesta berjalan ke pinggir lapangan setelah bermain 88 menit. Seisi Stadion Wanda Metropolit­ano, 67.500 orang, memberikan aplaus kepada pemain 33 tahun tersebut. Iniesta pun tak kuasa membendung rasa haru. Saat di tepi lapangan, kamera menangkap mata Iniesta yang berkaca-kaca.

Ya, final Copa del

Rey kemarin (22/4) memang terasa emosional bagi El Ilusionist­a, julukan Iniesta. Sebab, partai puncak Copa del Rey tahun ini bisa menjadi final terakhirny­a buat Iniesta. Maklum, kontrak Iniesta habis Juni mendatang, dan hingga kini dia belum membubuhka­n perpanjang­an kontrak. Justru rumor yang kencang berembus adalah rencana kepindahan­nya ke Tiongkok.

Final terakhir itu terasa lebih spesial karena Iniesta ikut menyumbang satu di antara lima gol kemenangan Barca. Gol Iniesta tercipta pada menit ke-52. Empat gol lainnya disum- bang Luis Suarez (14’ dan 40’), Lionel Messi (31’), dan penalti Philippe Coutinho (69’)

Lalu, akan ke mana Iniesta setelah musim ini berakhir? Pemain kelahiran Fuentealbi­lla, Spanyol, itu kembali menjanjika­n kepada media bahwa pekan ini semuanya akan terang benderang. ”Saya mengingink­an pertanding­an berjalan bagus sejak menit pertama. Inilah malam yang luar biasa, baik secara individu maupun kolektif,” kata Iniesta seperti ditulis Marca. ”Titel ini sangat kami idam-idamkan untuk dimenangi dan kami berjuang menambahka­n mahkota liga musim ini,” tambah Iniesta.

Nah, setelah mengamanka­n gelar Copa del Rey, kans Barca untuk meraih double winners pun terbuka lebar. Kalau menang atas Deportivo La Coruna Senin (30/4) di Stadion Riazor, Barca bakal meraih dua gelar musim ini.

”Ada perasaan yang campur aduk dalam pertanding­an ini. Saya sangat bahagia dengan penampilan kami di final meski semuanya masih menyangka kami terpuruk setelah apa yang terjadi di Roma,” ucap Iniesta.

Jose Antonio, ayahanda Iniesta, kepada Cadena SER kemarin membenarka­n bahwa gelar Copa del Rey membuat situasi makin rumit bagi anaknya. Namun, Antonio akan menghormat­i apa pun keputusan yang akan diambil anaknya. Sebelum final, Antonio memberikan sinyal bahwa Iniesta akan merapat ke klub Tiongkok Chongqing Dangdai Lifan. Namur, rencana tersebut masih bisa bergeser pasca kemenangan di Copa del Rey itu.

”Jika dia (Iniesta, Red) memilih tetap pada rencana awal, yakni meninggalk­an Barca, kalian harus menghormat­inya. Saya pikir inilah waktunya untuk membuat satu keputusan yang mungkin tersulit dalam hidupnya,” ujar Antonio.

Di sisi lain, gelandang Barca Denis Suarez yang masuk menggantik­an Iniesta di final memanfaatk­an kesempatan berswafoto dengan seniornya di ruang ganti Wanda Metropolit­ano kemarin. ”Kamu (Iniesta) adalah pemain terbesar, idolaku,” tulis Denis di akun Instagram-nya.

 ?? JUAN MEDINA/REUTERS ?? KANS DOBEL: Andres Iniesta memamerkan trofi Copa del Rey yang diraih Barcelona pada final di Wanda Metropolit­ano, Madrid, kemarin.
JUAN MEDINA/REUTERS KANS DOBEL: Andres Iniesta memamerkan trofi Copa del Rey yang diraih Barcelona pada final di Wanda Metropolit­ano, Madrid, kemarin.
 ?? AS ?? DEMI STADION: Fans Barcelona memamerkan bir yang dibeli di area fan zone. Harga bir buat fans Barca lebih mahal karena sebagian dana disumbangk­an untuk pengembang­an stadion.
AS DEMI STADION: Fans Barcelona memamerkan bir yang dibeli di area fan zone. Harga bir buat fans Barca lebih mahal karena sebagian dana disumbangk­an untuk pengembang­an stadion.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia