Jawa Pos

Lari untuk Konservasi Gajah

- Chicco Jerikho

LONDON Marathon 2018 adalah race full-marathon pertama Chicco Jerikho. Kali ini dia membawa misi khusus sebagai duta WWF Indonesia, organisasi yang menaungi konservasi lingkungan. Kebetulan, dia didapuk sebagai elephant warriors alias pejuang gajah. Yakni, turut berkontrib­usi untuk melestarik­an gajah di Indonesia.

’’Saya dan tim WWF bertukar pikiran, apa yang bisa saya hasilkan untuk menjadi

elephant warriors,’’ terang pemeran Ben dalam film Filosofi Kopi tersebut.

Akhirnya, terpilihla­h lari untuk mengumpulk­an donasi demi upaya melestarik­an gajah di Sumatera. Chicco mendapatka­n slot London Marathon via jalur charity. Koordinasi antara WWF Indonesia dan WWF Inggris memudahkan Chicco mendapatka­n satu slot untuk menjadi virgin marathoner di salah satu

race world marathon majors itu.

Persiapan pria 31 tahun itu tidak lebih dari tiga bulan. Cukup mepet. Apalagi, dalam beberapa kesempatan, dia absen latihan lantaran harus menjalani shooting film.

Tetapi, dia mendapatka­n program latihan yang matang dari Agung Mulyawan. Agung merupakan pelatih pelatnas lari jarak jauh yang juga melatih jagoan lari pelatnas seperti Agus Prayogo ataupun Asma Bara. ’’Jadi, semua gak bisa macam-macam. Latihan, istirahat, selalu dikontrol,’’ terang Chicco.

Bahkan, saat menjalani latihan pertama, Agung harus membatalka­n rencana semula. Penyebabny­a, Chicco baru beristirah­at dalam tiga jam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia