Jawa Pos

Satria Muda Jawara IBL 2018

Kalahkan Pelita Jaya 69-64 di Game Ketiga Tadi Malam

-

JAKARTA – Satria Muda (SM) mengakhiri puasa gelar di kompetisi basket Indonesia. Setidaknya dalam tiga musim Indonesian Basketball League (IBL) bergulir. Dua musim sebelumnya, SM hanya mentok di semifinal. Sementara tahun lalu, mereka takluk dari Pelita Jaya (PJ) di partai puncak.

Tapi, kisah berbeda terukir tadi malam di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonego­ro (GMSB) Kuningan, Jakarta. Satria Muda yang kalah pada final game kedua semalam sebelumnya tampil luar biasa. Arki Dikania Wisnu dkk mengakhiri IBL 2017–2018 dengan kemenangan 69-64.

Mengandalk­an pemain asing Dior Alexandros Lowhorn dan pemain naturalisa­si Jamarr Andre Johnson, SM memulai final penutup musim ini dengan taktis pada kuarter pertama. Skor akhir 21-11 mewarnai keunggulan SM atas PJ di kuarter pembuka itu.

Field goal SM mencapai 40 persen. Adapun Jamarr tampil sebagai top scorer tim SM. Tak cukup sampai di situ, Jamarr kembali didapuk sebagai Most Valuable Player (MVP) finals. Prestasi tersebut seakan mengulang capaian dia bersama CLS Knights Surabaya pada musim 2016 silam.

Saat itu Jamarr juga menjadi MVP sekaligus mengantar CLS sebagai kampiun IBL. Jamarr baru bergabung bersama SM pada seri ke-4 IBL di Jakarta. Sejak awal, pelatih SM Youbel Sondakh memilih Jamarr karena pemain yang berposisi power forward tersebut terbilang komplet. ’Jamarr bisa pegang bola dan dia punya akurasi tembakan, itu alasan saya ambil dia. Terima kasih buat malam ini,’’ terangnya. Kemenangan tersebut menjadi gelar kesepuluh bagi SM di percaturan basket tanah air. Bagi Youbel, itu menjadi gelar pertama sebagai pelatih kepala. Melengkapi torehan empat gelar IBL dan satu gelar di era NBL saat masih aktif sebagai pemain

SELEBRASI: Pemain dan ofisial Satria Muda setelah penyerahan piala juara Indonesian Basketball League 2018 usai mengalahka­n Pelita Jaya di game ketiga yang berlangsun­g di GOR Soemantri Brodjonego­ro, Jakarta, tadi malam. Foto kiri, Pemain Pelita Jaya CJ Giles berusaha melakukan shooting.

 ?? DERY RIDWANSAH/JAWA POS ??
DERY RIDWANSAH/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia