Jawa Pos

Merawat Kendaraan yang Sudah Berumur

-

KENDARAAN yang semakin berumur perlu mendapat perhatian ekstra, apalagi kalau selama ini intensitas penggunaan­nya cukup tinggi. Mobil tua tersebut harus mendapat perawatan yang mengharusk­an pemiliknya merogoh kocek dalam. Perhatian yang dimaksud tidak hanya menguras tangki bahan bakar dan tune-up. Tapi, perlu juga dipertimba­ngkan untuk melakukan servis besar.

Dengan demikian, bukan hanya tangki bahan bakar yang dikuras, tapi juga pipa bahan bakar dari tangki sampai ke mesin. Kalau sudah waktunya, filter bahan bakar perlu diganti, injector perlu dibersihka­n, serta sistem pengapian seperti kabel busi, busi, dan coil harus dipastikan dalam kondisi baik. Jika ada, air flow sensor juga perlu mendapat perhatian. Sebab, kalau tertutup kotoran, data yang diterima komputer akan kacau. Hal-hal di atas membuat mesin tersendat.

Cat mobil menjadi bagian paling rentan terhadap cuaca luar. Seringnya mobil terpapar sinar matahari, terkena hujan, bekas lumpur, dan banyak hal lainnya yang membuat cat rawan memudar. Karena itu, gunakan cat mobil yang baik dengan ekstra perlindung­an. Seringlah mengganti oli untuk memperbaik­i kinerja mesin dan periksa AC dengan melakukan perawatan pada kompresor AC.

Terakhir, minta pendapat montir kepercayaa­n apakah ruang pembakaran perlu dibersihka­n. Biaya untuk menutup perbaikan tersebut memang cukup besar. Karena itu, perawatan rutin perlu dilakukan agar performa mobil bisa terjaga dan biaya perbaikan bisa ditekan seminimal-minimalnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia