Jawa Pos

Kebaya untuk Kartini Masa Kini

-

SURABAYA – Parade fashion show Pasar Tiban bertajuk Kartinikoe Kartinimoe menggambar­kan citra keanggunan perempuan Indonesia. Sebanyak 35 kebaya rancangan desainer kenamaan Anne Avantie ditampilka­n dalam konsep yang berbeda. Peragaan busana tersebut dihelat Sabtu (21/4) di Pakuwon Mall.

Lagu Ibu Kita Kartini ciptaan W.R. Supratman mengiringi empat model dengan kebaya putih nan klasik. Kebaya kutubaru yang bernuansa putih dipadu batik tulis. Kesan klasik yang bersanding dengan detail bordir mewah memperliha­tkan keanggunan.

Sejumlah karya kebaya modern dan bridal yang ditampilka­n menjadi special preview pergelaran fashion show tunggal 29th Anne Avantie yang diselengga­rakan di Surabaya pada 20 Mei mendatang. ’’Saya berharap bisa kembali ke sini dalam pergelaran tunggal Mei nanti. Ini hanya sebagian kecil dari karya yang nanti ditampilka­n pada pergelaran tersebut,’’ ucap perempuan yang akrab disapa Bunda Anne itu.

Di sisi lain, akulturasi budaya tampak dari detail kerah cheongsam khas Tiongkok yang dihadirkan pada rancangan lainnya. Koleksi tersebut muncul memberikan kesan segar dari warnawarna pastel dalam bentuk batik encim. Nuansa Eropa mendominas­i sesi ketiga. Deretan model berlenggak-lenggok dengan payung renda berpadu kebaya brokat yang bernuansa putih dan emas. Detail berupa renda, cutting layer, serta menguatkan look Eropa.

Anne Avantie juga melibatkan para perempuan inspiratif dan figur publik Surabaya yang sebelumnya mendapatka­n award dari Anne. Di antaranya, Ivo Ananda, Amelia Salim, Lisa Gunawan, dan Lerem Pundi Laras.

Sebagai muse, ada Miss Indonesia 2010 Asyifa Latief, Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira, Puteri Indonesia 2011 Maria Selena, Puteri Indonesia Jawa Timur 2017 Fatma Ayu, Putri Indonesia Jawa Timur 2018 Alshya Sekar Amaranggan­a, dan Runnerup Puteri Indonesia Jawa Timur 2017 Ayu Maulida.

Para putri itu tampil dengan iringan musik dramatis. Mereka membawakan kebaya bernuansa emas dan merah. ’’Bangga. Sedari kecil impian saya adalah menjadi modelnya bunda. This is my first ever award after jadi Puteri Indonesia,’’ ucap Elvira saat ditemui setelah acara.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? IKON: Anne Avantie (tiga dari kiri) berpose bersama para model di parade fashion show Pasar Tiban pada Sabtu malam (21/4) di Pakuwon Mall.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS IKON: Anne Avantie (tiga dari kiri) berpose bersama para model di parade fashion show Pasar Tiban pada Sabtu malam (21/4) di Pakuwon Mall.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia