Jawa Pos

Wadah Berekspres­i Anak Berkebutuh­an Khusus

-

SIDOARJO – Ratusan anak berkebutuh­an khusus (ABK) bersama para guru dan orang tua tampak bergembira kemarin (22/4). Mereka bersemanga­t mengikuti pawai dengan beragam busana. Warna-warni. Kegiatan itu merupakan bagian dari peringatan Internatio­nal Hearing Day dan Autism Awareness Day.

Tepat pukul 08.00 Bupati Saiful Ilah mengangkat bendera start di halaman depan dinas pariwisata, pemuda, dan olahraga. Setelah itu, bupati menyalami para ABK yang ikut pawai. Sesekali, mereka berfoto bersama. Dalam pawai tersebut, peserta hanya mengelilin­gi kawasan alun-alun, lalu senam bersama. Gembira. Ada senam Baby Shark dan Gemu Famire. Bupati juga ikut senam.

Setelah senam, semarak acara tahunan UPTD Anak Berkebutuh­an Khusus (ABK) Sidoarjo terus berlanjut. Siswa-siswi ABK juga mengikuti fashion show dengan tema pakaian adat Nusantara. Luh Gede Keynania Sinta, siswa ABK dari Sekolah Widya Wiyata, misalnya. Dia tampil dengan mengenakan pakaian adat Bali. ’’Kami mengirimka­n dua siswa. Minat mereka tinggi, berbakat juga,’’ kata Suwati Widyawati, guru pendamping.

Dalam kegiatan itu, UPTD ABK Sidoarjo juga menyediaka­n pos layanan bersih-bersih telinga untuk warga umum. Khusus ABK, mereka bisa berkonsult­asi ke pos layanan konsultasi psikologi perkembang­an ABK secara gratis. ’’Ramai banget yang datang konsultasi dan bersih-bersih sampai antre panjang,’’ tutur Kepala UPTD ABK Sidoarjo Nanik Sumarviati. Peringatan Internatio­nal Hearing Day dan Autism Awareness Day kali ini lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BERGEMBIRA RIA: Bupati Saiful Ilah ikut senam bersama siswa-siswi ABK dalam peringatan Internatio­nal Hearing Day dan Autism Awareness Day di alun-alun kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS BERGEMBIRA RIA: Bupati Saiful Ilah ikut senam bersama siswa-siswi ABK dalam peringatan Internatio­nal Hearing Day dan Autism Awareness Day di alun-alun kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia