Jawa Pos

Pengukuhan Kerukunan Keluarga Sulut Indonesia

-

SURABAYA – Ratusan anggota komunitas Kerukunan Keluarga Sulawesi Utara Indonesia (K2SI) berkumpul di ballroom lantai 2 Zhang Palace Sabtu (21/4). Mereka kompak mengenakan batik dan kebaya yang selaras dengan peringatan Hari Kartini malam itu. Sukacita mengelilin­gi suasana acara yang juga menjadi momen pengukuhan pengurus besar K2SI yang baru.

Atmosfer kekeluarga­an begitu tergambar dalam setiap sesi acara. Setidaknya hadir 800 member K2SI dari seluruh kota maupun kabupaten di Jawa Timur yang terjalin lewat identitas Suku Minahasa. Perkumpula­n yang embrionya dimulai dari Provinsi Bali pada 16 Oktober 2017 tersebut terus bergerak maju membantu perkembang­an wilayah-wilayah yang menjadi tempat tinggal para anggota, termasuk Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, pengurus besar K2SI untuk periode 2018 hingga lima tahun mendatang dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe­y yang menyempatk­an diri hadir dalam acara tersebut. Kedatangan 25 anggota rombongan sang gubernur dari Manado disambut tari kabasaran oleh Brigade Manguni K2SI. Mereka mengenakan pakaian khas berwarna merah dengan mahkota berbulu merak, lengkap dengan senjata.

Penari yang berperan sebagai kepala suku meneriakka­n beberapa kalimat ucapan selamat datang dengan menggunaka­n bahasa Minahasa. ’’Memberi perintahny­a pakai teriakan. Sumike. Itu artinya beri hormat kepada tamu kehormatan,’’ kata Ernawati Tasiam, sekretaris umum periode 2018–2023. Setelah menempati tempat duduk yang disediakan, seluruh anggota dan undangan berdiri untuk menyanyika­n lagu Indonesia Raya.

Febe Frida Enoch menjabat ketua umum K2SI. Dia dibantu Ernawati Tasiam sebagai sekretaris umum dan Johny Polla yang bertanggun­g jawab sebagai bendahara. Ketiganya dikukuhkan langsung di bawah Bendera Merah Putih lewat arahan Olly. Tepuk tangan mengiringi prosesi yang ditunggutu­nggu seluruh anggota K2SI tersebut.

Dalam sambutanny­a, Olly menyampaik­an perkembang­an kawasan Sulawesi Utara yang kian membaik dengan bantuan seluruh keluarga Minahasa yang saling bahu-membahu meski bekerja secara profesiona­l di wilayah lain. Misalnya, perkembang­an tujuan penerbanga­n ke Sulawesi Utara. Olly juga menekankan bahwa anggota K2SI harus mendukung seluruh program pemerintah Jawa Timur yang baik dan bisa membawa manfaat.

’’Pemerintah membuat sebuah program pasti dengan perhitunga­n dan pertimbang­an yang tidak sembaranga­n. Jadi, ayo kita bersama dukung supaya semua daerah untuk maju,’’ ujarnya malam itu. Pernyataan tersebut senada dengan pidato pengukuhan Febe Frida atau yang lebih akrab disapa Poppy. Poppy banyak menyoroti perkembang­an pariwisata di Minahasa.

Poppy memandu visi K2SI untuk terus aktif di bidang pemberdaya­an dan kegiatan sosial serta kemajuan daerah dari berbagai lini. ’’Teman-teman, ayo semua semangat membangun Sulawesi Utara di bidang pariwisata. Kita bersama-sama bisa membantu promosi destinasi wisata di tanah kelahiran kita yang elok,’’ ucapnya yang disambut tepuk tangan seluruh anggota K2SI. Dia memberikan beberapa contoh tujuan wisata yang harus dimajukan selain Bunaken. Misalnya, Bukit Doa Mahawu, Manado Tua, higga Christ Blessing.

 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? RESMI: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe­y (kanan) mengukuhka­n Febe Frida Enoch sebagai ketua umum K2SI, Ernawati Tasiam sebagai sekretaris umum, dan Johny Polla sebagai bendahara.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS RESMI: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe­y (kanan) mengukuhka­n Febe Frida Enoch sebagai ketua umum K2SI, Ernawati Tasiam sebagai sekretaris umum, dan Johny Polla sebagai bendahara.
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? KOMPAK: Sekitar 800 anggota komunitas Kerukunan Keluarga Sulawesi Utara Indonesia (K2SI) menghadiri acara yang berlangsun­g di ballroom Zhang Palace Sabtu (21/4).
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS KOMPAK: Sekitar 800 anggota komunitas Kerukunan Keluarga Sulawesi Utara Indonesia (K2SI) menghadiri acara yang berlangsun­g di ballroom Zhang Palace Sabtu (21/4).
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? LENGKAP: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe­y (tengah) berpose bersama pengurus dan rombongan kepala daerah yang mendukung K2SI.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS LENGKAP: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe­y (tengah) berpose bersama pengurus dan rombongan kepala daerah yang mendukung K2SI.
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? RAYAKAN HARI KARTINI: Rangkaian gathering dilengkapi dengan menyanyika­n lagu Ibu Kita Kartini.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS RAYAKAN HARI KARTINI: Rangkaian gathering dilengkapi dengan menyanyika­n lagu Ibu Kita Kartini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia