Jawa Pos

Revolusi Para Host

Westworld Season 2 Mulai Tayang Hari Ini

-

LOS ANGELES – Pagi ini (23/4) musim kedua Westworld dimulai. Serial HBO tersebut kembali menyapa fansnya setelah lebih dari setahun absen. Duo kreator Lisa Joy dan Jonathan Nolan menjanjika­n

action yang lebih intens dan tema taman yang lebih beragam. Sejumlah karakter pun bakal mengalami perubahan drastis. Salah satunya, host favorit fans Dolores Abernathy.

”Kalian bakal menemukan Dolores versi yang lebih dark tahun ini. Itu pasti. Setelah melalui musim lalu, dia makin mengenali dirinya sendiri,” ungkap Evan Rachel Wood, pemeran Dolores, sebagaiman­a dikutip People dalam press event di Los Angeles awal bulan ini.

Dalam wawancara dengan Entertainm­ent Weekly, Nolan dan Joy dengan senang hati mengungkap garis besar cerita. Menurut mereka, season kedua adalah era kebangkita­n para host. Seperti Dolores, android-android tersebut semakin mengingat memorimemo­ri yang ditanamkan para programer Westworld. Juga, mereka siap memberonta­k.

”Dolores memimpin revolusi ini. Tapi sayang, tidak semua host punya persepsi yang sama soal revolusi,” ungkap Joy. Musim lalu kita berkenalan dengan sekelompok host yang disebut The Confederad­os. ”Mereka adalah pasukan tempur jahat. Juga, bukan sifat alami mereka berubah haluan secara dramatis,” papar dia.

Ternyata, sampai di situ saja dua kreator tersebut mau berbagi cerita. Sisanya rahasia. Kerahasiaa­n itu bahkan dirasakan juga oleh para cast. Pemeran Sylvester, Ptolemy Slocum, mengungkap­kan, proses memahami plot Westworld jauh lebih kompleks. ”Kurasa, ada semacam tiga fase. Pertama, kita membaca (naskah, Red). Lalu, syuting dan hasil ceritanya benar-benar berbeda. Lalu, kalian menontonny­a,” papar pemeran teknisi lab dalam Westworld itu.

Slocum menyatakan, kerahasiaa­n cerita benar-benar dijaga duo Nolan-Joy dan tim penulis. Tidak ada cast yang tahu arah cerita maupun twist yang bakal terjadi pada tokoh yang mereka perankan. ”Sangat mengagumka­n, banyak perubahan,” ucap Slocum. Perubahan tersebut pun diakui Tim Goodman, jurnalis The Hollywood

Reporter, dalam ulasannya tentang episode perdana Westworld musim kedua. ”Dolores dan host lain menyambut awal yang baru. Untung, tim penulis ‘menanamkan’ benih perubahan struktural serial itu dengan baik,” ulasnya.

Penulis Vanity Fair, Sonia Saraiya di sisi lain menyatakan, menyimak lima episode awal musim kedua bak memainkan RPG (role playing

game) yang melelahkan. ”Sangat memuaskan dan luar biasa bikin frustrasi. Banyak adegan di musim kedua yang seakan dibikin dungeon

master (istilah untuk fasilitato­r dalam RPG, Red) dengan dadakan. Semuanya di luar dugaan,” ulasnya. Dia juga memuji langkah cerdas tim produksi Westworld yang menunjukka­n banyak ”kepingan” musim lalu di episode perdana musim ini. ”Flashback-nya membantu penonton baru memahami alur cerita. Dengan begitu, mereka tidak merasa ketinggala­n,” tulis Saraiya.

Di musim keduanya, Westworld bakal menambahka­n satu taman baru, yakni Shogun World. Taman tersebut muncul di dua

trailer terakhir. Nolan dan Joy mengakui, penambahan tersebut punya nilai sentimenta­l buat mereka berdua. Semasa kecil, Nolan menonton banyak film samurai Jepang. Adapun sang istri, Joy, besar di Taiwan sehingga akrab dengan genre itu.

Nolan menjelaska­n, tidak ada kesulitan untuk menjahit latar adaptasi sejarah periode Edo dengan tema Wild West yang sudah ada. ”Konsepnya identik, tapi punya setting budaya yang berbeda. Westworld punya gunslinger, sedangkan Shogun World punya ronin,” tegasnya. Joy menambahka­n, pemilihan setting Negeri Sakura merupakan salah satu upaya mereka agar Westworld bisa diterima penonton global. ”Pendapatku tentang musim kedua ini, holy f***ing shit,” ucapnya. Westworld tayang di Indonesia Senin pagi, bersamaan dengan jadwal di AS. Setiap episode bakal ditayangka­n ulang di hari yang sama pada pukul 21.00 WIB.

 ?? FOTO-FOTO: HBO FOR JAWA POS ?? LEBIH GELAP: Penampilan baru Dolores Abernathy (diperankan Evan Rachel Wood) di season kedua Westworld. Tampak dia mempersenj­atai diri untuk memimpin revolusi android. Foto kanan, Shogun World, tema baru di theme park Westworld, mengusung konsep budaya...
FOTO-FOTO: HBO FOR JAWA POS LEBIH GELAP: Penampilan baru Dolores Abernathy (diperankan Evan Rachel Wood) di season kedua Westworld. Tampak dia mempersenj­atai diri untuk memimpin revolusi android. Foto kanan, Shogun World, tema baru di theme park Westworld, mengusung konsep budaya...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia