Jawa Pos

Megawati Siap Pimpin Konsolidas­i

-

AKHIR pekan ini konsolidas­i pemenangan pasangan calon gubernur Jatim nomor urut 2 Saifullah YusufPuti Guntur Soekarno bakal diperkuat. Bila tidak ada perubahan jadwal, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnopu­tri akan hadir langsung untuk memimpin konsolidas­i pemenangan di Surabaya. Sejak semalam, Sekjen PDIP Hasto Kristiyant­o berada di Surabaya untuk menyiapkan konsolidas­i.

Dalam siaran persnya tadi malam, Hasto menyatakan bahwa momen akhir pekan bakal dimanfaatk­an betul oleh PDIP di Jatim. ’’Pilkada adalah momentum memperkuat komitmen PDIP menghadirk­an pemerintah­an dari rakyat,’’ ujarnya. Dalam hal ini, Gus Ipul-Puti sudah berkomitme­n untuk menjalanka­n amanah memimpin Jawa Timur.

Menurut Hasto, Gus Ipul dan Puti merupakan pasangan yang lengkap. Perpaduan kepemimpin­an yang kuat dalam tradisi NU dan PDIP. Puti, misalnya, sejak awal dipersiapk­an sebagai pemimpin yang loyal dan setia dengan janjinya kepada rakyat. ’’Kalau sudah ditugaskan, Mbak Puti akan all-out,’’ lanjut Hasto. Apalagi, Gus Ipul-Puti didukung oleh PKB dan PDIP secara teritorial. Jejaring kader partai tergolong kuat di Jatim. Dia yakin masyarakat Jatim punya ikatan emosional yang kuat dengan Bung Karno. ’’Dipadukan dengan Gus Ipul yang berbasis nahdliyin dan pesantren, gerak pemenangan akan makin intens,’’ tuturnya. Keduanya benar-benar akan menjadi cermin kepemimpin­an Jawa Timur.

Kemarin Gus Ipul hadir dalam pengajian akbar Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW sekaligus Harlah Ke-68 Fatayat NU di Sidayu, Gresik. Dia menjanjika­n program properempu­an bila dirinya terpilih sebagai gubernur Jatim. ’’Bila terpilih, saya dan Mbak Puti akan menggelar musyawarah perencanaa­n pembanguna­n (musrenbang) khusus perempuan Jawa Timur,’’ ujarnya di hadapan para anggota Fatayat.

Gus Ipul juga menjanjika­n program pemberdaya­an keluarga harapan (PKH) super. Salah satu bentuknya adalah bantuan modal usaha bagi perempuan berstatus kepala rumah tangga.

 ?? TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS ?? SEPAKET DENGAN JOKOWI: Hasto Kristiyant­o (kanan) mengampany­ekan Gus Ipul-Puti di Ngawi kemarin.
TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS SEPAKET DENGAN JOKOWI: Hasto Kristiyant­o (kanan) mengampany­ekan Gus Ipul-Puti di Ngawi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia