Jawa Pos

Tumpeng Tempe Raksasa dari Sidoarjo

-

SIDOARJO – Desa Sedengan Mijen, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, punya cara pintar untuk menunjukka­n kekhasanny­a. Kemarin desa itu membuat tumpeng raksasa dari tempe. Dengan tinggi 12 meter, tumpeng tersebut membutuhka­n 1 ton tempe.

Saat dipajang di lapangan desa kemarin (27/4), gunungan tempe itu terlihat begitu dominan. Menjulang di antara tumpeng-tumpeng lain yang memiliki tinggi sekitar 2 meter.

”Dengan tumpeng raksasa dari tempe ini, kami berharap masyarakat luar mengetahui bahwa tempe yang mereka konsumsi berasal dari sini,” kata Kepala Desa Sedengan Mijen Hasanuddin. ”Gunungan tumpeng ini menghabisk­an 1 ton tempe,” lanjutnya.

Tumpeng-tumpeng kecil yang menemani tumpeng raksasa juga terbuat dari komoditas yang dihasilkan desa tersebut. Di antaranya, sayuran, buah-buahan, dan bandeng asap.

Menurut Hasanuddin, industri tempe menjadi gantungan hidup ratusan warganya. Di Desa Sedengan Mijen, setidaknya ada 200 perajin tempe.

Tumpeng raksasa dari tempe itu menarik perhatian warga desa. Ribuan orang berduyundu­yun datang ke lapangan desa untuk berfoto Wakil Bupati Sidoarjo

Kami berharap tradisi ini bisa terus dipertahan­kan dan juga bisa dikembangk­an untuk menarik wisatawan. Sebab, ini sangat unik dan berbeda.”

NUR AHMAD SYAIFUDDIN

dengan latar gunungan tempe tersebut. Mereka juga begitu antusias berebut tempe dalam gunungan tersebut.

Para pejabat di lingkungan pemerintah­an Sidoarjo pun turut hadir menyaksika­n acara itu. Di antaranya, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dan Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan. ”Kami berharap tradisi ini bisa terus dipertahan­kan dan juga bisa dikembangk­an untuk menarik wisatawan. Sebab, ini sangat unik dan berbeda,” ujar Nur Ahmad.

 ?? MIFTAKHUL FAHAMSYAH/JAWA POS ?? IDENTITAS DESA: Tumpeng setinggi 12 meter yang terbuat dari tempe menjulang di lapangan Desa Sedengan Mijen, Krian, Sidoarjo, kemarin. Tumpeng itu menghabisk­an 1 ton tempe.
MIFTAKHUL FAHAMSYAH/JAWA POS IDENTITAS DESA: Tumpeng setinggi 12 meter yang terbuat dari tempe menjulang di lapangan Desa Sedengan Mijen, Krian, Sidoarjo, kemarin. Tumpeng itu menghabisk­an 1 ton tempe.
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia