Jawa Pos

Pantau Kemacetan, Pakai Aplikasi Saja

-

SURABAYA – Kepadatan lalu lintas kini bisa dipantau dalam genggaman. Tidak sekadar melihat garis lalu lintas hijau atau merah di Google Maps, tetapi juga lewat CCTV. Aplikasi CCTV tersebut merupakan inovasi Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya.

Aplikasi Surabaya Intelligen­t Transport System (SITS) ini menampilka­n kondisi lalu lintas melalui CCTV milik dishub yang terpasang di jalan. Kondisi jalan yang ditunjukka­n pun real time. Ketika dicek, tampilan video CCTV cukup jelas dan lancar. Tidak terputus-putus. Masyarakat bisa memantau secara langsung jalan tertentu sebelum memutuskan untuk melewati ruas jalan tersebut.

Staf Bidang Lalu Lintas SITS Radhana Dwi Wibowo menjelaska­n, aplikasi itu dibuat untuk meminimalk­an kemungkina­n peretasan atau

hacking. Sebelumnya, tampilan CCTV dishub dapat diakses melalui website.

’’Sementara ini, yang di

website disempurna­kan dulu. Kami gunakan aplikasi ini di Android,’’ jelasnya kemarin (27/4). Menurut teknisi TI dishub, akses CCTV di perangkat Android lebih aman karena alamat IP tidak mudah terlacak seperti jika diakses di komputer.

Saat ini aplikasi tersebut bisa memuat tampilan CCTV di 30 titik. ’’Memang kami fokuskan dulu di titik-titik yang strategis seperti di jalan utama,’’ paparnya. Di antaranya, ruas Jalan A. Yani, Jalan Darmo, dan Jalan Mayjen Sungkono.

Hingga saat ini, aplikasi yang sudah tersedia di Play Store itu sudah diunduh lebih dari 600 pengguna. Meski baru diluncurka­n, lanjut dia, aplikasi CCTV tersebut sebenarnya diujicobak­an sejak dua bulan lalu. ’’Ini sambil terus disempurna­kan. Harapannya, orang lebih gampang mengakses,’’ tuturnya.

Dishub berencana menambah titik-titik CCTV di Surabaya. Namun, Kabid Lalu Lintas Dishub Surabaya Joko Supriyanto menuturkan bahwa pihaknya masih perlu mengkaji titik mana yang paling membutuhka­n pengawasan CCTV. Misalnya, di wilayah Surabaya Barat saat ini belum banyak CCTV yang terpasang.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? MATA KOTA: Petugas dishub memantau kondisi lalu lintas di jalan-jalan protokol dari kantor SITS.
DITE SURENDRA/JAWA POS MATA KOTA: Petugas dishub memantau kondisi lalu lintas di jalan-jalan protokol dari kantor SITS.
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? DALAM GENGGAMAN: Warga Surabaya kini bisa melihat kondisi kemacetan melalui handphone setiap saat.
DITE SURENDRA/JAWA POS DALAM GENGGAMAN: Warga Surabaya kini bisa melihat kondisi kemacetan melalui handphone setiap saat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia