Jawa Pos

Dibuang Ibunya, Bayi Kedinginan

-

– Ansori terkejut. Lelaki 39 tahun tersebut menemukan orok di depan rumahnya, Dusun Patuk, Desa Randegansa­ri, Kecamatan Driyorejo. Pada Kamis (26/4) pukul 19.00 itu, lamat-lamat dia mendengar tangisan bayi. Suaranya menyayat hati.

’’Ternyata memang ada bayi di depan rumah,’’ ujarnya kemarin (27/4). Tidak ada yang tahu siapa pembuang bayi tersebut. Ansori menjelaska­n bahwa bayi itu ditemukann­ya dalam kondisi kedinginan. Tubuhnya menggigil. Orok yang diperkirak­an baru berusia 1 minggu tersebut diselimuti kain jarit. Ada tas merah muda di sebelahnya. Isinya adalah perlengkap­an bayi. Popok, botol susu, dan selimut.

Ansori dan beberapa warga segera membawa anak malang itu ke Puskesmas Driyorejo. Bayi tersebut dirawat di ruang pelayanan obstetri dan neonatal emergency dasar (PONED). ’’Lapornya ke polsek (Driyorejo, Red) setelah dibawa ke puskesmas. Kan sebelahan (pus_kesmas dan kantor polisi),’’ katanya.

Ansori menyatakan tidak melihat sosok pembuang bayi tersebut. Dia berada di dalam rumah saat kejadian itu berlangsun­g. ’’Baru tahu waktu dengar bayinya nangis,’’ jelasnya.

Kapolsek Driyorejo AKP Adam Purbantoro langsung mengerahka­n anggotanya. Tujuannya, mencari siapa gerangan orang tua yang tega menelantar­kan darah dagingnya tersebut. Namun, sebelum tertangkap, pelaku menyerahka­n diri. ’’Kami limpahkan ke unit PPA (perlindung­an perempuan dan anak, Red) polres,’’ tuturnya.

Di sisi lain, Kepala Puskesmas Driyorejo dr Daniel Sau’ memastikan kondisi bayi itu sehat. Berat badannya normal. Sekitar tiga kilogram. ’’Bayinya juga ganteng,’’ ungkapnya.

Kemarin pagi bayi tersebut dirujuk ke RSUD Ibnu Sina. Dibutuhkan perawatan intensif agar kondisinya bisa lebih baik dan stabil. ’’Jadi, sudah dibawa ke sana (RSUD Ibnu Sina, Red),’’ terangnya.

 ??  ?? SEHAT: Dokter Rusydi (jas putih) memeriksa kondisi bayi saat baru tiba di IGD RSUD Ibnu Sina kemarin.
SEHAT: Dokter Rusydi (jas putih) memeriksa kondisi bayi saat baru tiba di IGD RSUD Ibnu Sina kemarin.
 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ??
ADI WIJAYA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia