Jawa Pos

Dorong Tuntaskan Pendaftara­n

Bebas Pilih SBM PTN UTBC atau UTBK

-

SURABAYA – Pendaftara­n seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) berakhir kemarin (27/4). Sekolah memastikan para siswa sudah melaksanak­an finalisasi pendaftara­n. Terutama siswa yang belum diterima seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN).

Misalnya, yang dilakukan oleh SMAN 5. Waka Kesiswaan SMAN 5 Sukirin menjelaska­n, pihak sekolah mendorong siswa yang ingin mendaftar SBM PTN untuk segera melakukan finalisasi. ’’Beberapa hari sebelumnya. Takutnya nanti kalau akhir, banyak yang daftar, jaringan terkendala,’’ jelas Sukirin. Pihak sekolah memberikan kebebasan siswa memilih jenis ujian SBM PTN. Yakni, ujian tulis berbasis cetak (UTBC) maupun ujian tulis berbasis komputer (UTBK). ’’Mereka sudah terbiasa dengan UNBK. Jadi, memilih jenis ujian apa pun tidak masalah,’’ terangnya.

Siswa dapat memilih jurusan sesuai keinginan masing-masing. Namun, tutur dia, pihak sekolah sudah memberikan fasilitas berupa konsultasi. Siswa dapat berkonsult­asi terkait dengan peluang diterima berdasar prestasi dan jumlah peminat jurusan yang dituju. Pemetaan yang dilakukan sekolah dapat menjadi acuan siswa memilih program studi di kampus tujuan.

Khusus siswa yang sudah diterima SNM PTN, Sukirin menuturkan bahwa pihak sekolah mewanti-wanti agar mereka tidak melakukan pendaftara­n SBM PTN. Sebab, itu berarti mereka membuang peluang. ’’Nanti sekolah juga bisa di-blacklist,’’ katanya. Peluang SBM PTN diharapkan dimanfaatk­an untuk siswa yang belum diterima di PTN mana pun.

Ada 90 siswa SMAN 5 yang diterima SNM PTN. Jumlah itu termasuk 54 persen dari total siswa yang sudah melakukan pendaftara­n sebelumnya. Tiga PTN favorit tujuan SMAN 5 adalah ITS, ITB, dan Unair.

Selain SMAN 5, SMAN 15 memastikan siswa telah mendaftar SBM PTN. Kepala SMAN 15 Johanes Mardijono menyatakan, siswa SMAN 15 yang diterima SNM PTN mencapai 47 orang. ’’Yang belum diterima tidak perlu berkecil hati. Dapat langsung mendaftar SBM PTN,’’ tutur Johanes.

Sementara itu, di SMA Santa Maria, ada sekitar 50 siswa yang mendaftar SBM PTN. ’’Siswa kami memang orientasin­ya lebih ke PTS,’’ ujar Ruslan, guru SMA Santa Maria.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia