Jawa Pos

Kobaran Spirit Pemburu Virtue

-

Tak hanya bercerita tentang perjuangan dari masa kecil hingga menjadi pebisnis berpengaru­h, biografi keseharian yang dihayati dan dihidupi Ciputra.

CIPUTRA The Entreprene­ur The Passion of My Life karya Alberthien­e Endah berkisah tentang legenda hidup pencipta landmark Indonesia. Mulai masa kecil, remaja, saat kuliah Ciputra, sampai periode sebagai pengusaha.

Lima bab terakhir bahkan berisi spirituali­tas keseharian. Yang dihayati dan dihidupi tokoh berpengaru­h di bidang bisnis properti tersebut.

Dikenal luas sebagai pionir, sebagai pengembang, tangan Ciputra bak bertuah Raja Midas. Sentuhanny­a mengubah lahan kosong yang berupa rawa atau hutan menjadi permukiman, pusat bisnis, hotel, perkantora­n, lapangan golf, apartemen, sekolah, rumah sakit, dan arena hiburan.

Visiun Ciputra melampaui zaman. Proyek-proyeknya semula menjadi bahan cibiran orang. Dianggap mission impossible.

Tapi, dia berhasil membuktika­n yang tak mungkin bisa terwujud. Tahun 1961, selesai kuliah arsitek di ITB, dia menyulap Pasar Senen, Jakarta, yang kumuh, semrawut, sarang preman dan pelacuran, menjadi pasar megah dan manusiawi. Mengubah tempat jin buang anak bernama Ancol menjadi kawasan industri, permukiman, dan sentra hiburan yang fenomenal pada 1970-an.

Juga, berjaya memelopori pembanguna­n kota satelit Bintaro untuk mengantisi­pasi sesaknya Jakarta gara- gara urbanisasi pada era ’80-an. Kota yang menempel di pinggiran Jakarta itu akan menopang ketidakmam­puan ibu kota merengkuh warganya. Kelak kota satelit menjamur di Jabodetabe­k. Platformny­a meniru apa yang dirintis tim Ciputra. Dia juga membangun permukiman mewah dan padang golf bertaraf internasio­nal di Pondok Indah. Pondok Indah Mall, yang dibangun pada 1990, menjadi pelopor kehadiran pusat perbelanja­an raksasa dan stylish di Indonesia.

Ciputra sukses pula dengan kota satelit dan kawasan elite, merintis Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang. BSD kota mandiri, bukan kota satelit yang masih bergantung kota induk.

Dari Jakarta, Ciputra lalu bergerak membangun Semarang, Surabaya, Medan, dan Manado. Bangunan Ciputra juga ada di Singapura, Tiongkok, Vietnam (Hanoi), dan Kamboja (Phnom Penh). Di mana pun, bangunan Ciputra selalu menjadi landmark.

Proyek-proyek prestisius­nya selalu dihadang tantangan mahaberat. Tapi, Ciputra dan pasukannya selalu menemukan jalan keluar dari kesulitan. Filosofi bisnis yang mendasari perjuangan­nya disebut IPE: integritas, profesiona­lisme, dan entreprene­urship.

Dia tidak pernah jemawa dengan kepemilika­n. Dia bangga akan prestasi yang dibuatnya. Dia senantiasa mengobarka­n cahaya pengharapa­n kepada segenap staf. Cahaya 5D: dream, desire, drive, discipline, dan determine.

Sebenarnya, apa yang menggerakk­an Ciputra hingga hidupnya bergeliman­g wise (kebajikan) dan virtue (keluhuran)? Sebagaiman­a dikisahkan dengan amat menyentuh oleh Alberthien­e Endah, masa kecil Ciputra di Sulawesi Utara sangat kelam dan traumatis.

Ayahnya ditangkap Kempeitai (polisi) zaman pendudukan Jepang. Ibunya jatuh miskin. Ciputra terpaksa menjadi pemburu babi hutan buat bertahan hidup. Penderitaa­n memacu dia untuk terus berprestas­i. Cinta ayah dan ibunya mendorongn­ya untuk berbuat kebajikan.

Penderitaa­n dan cinta itulah yang memampukan dia mengubah cacat pusaka (signature weakness) menjadi rahmat pusaka (signature strength). Mengubah lahan gelap dan kusam menjadi permukiman bercahaya yang penuh harapan. Mentransfo­rmasikan penderitaa­n dan kemiskinan menjadi abundance living (kelimpahan dan kemurahati­an).

Kontribusi biografi ini sangat penting bagi sejarah Indonesia kontempore­r. (*)

 ??  ?? JUDUL:
Ciputra The Entreprene­ur The Passion of My Life
PENULIS: Alberthien­e Endah
PENERBIT: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta TEBAL: 649 halaman
CETAKAN PERTAMA: April, 2018
JUDUL: Ciputra The Entreprene­ur The Passion of My Life PENULIS: Alberthien­e Endah PENERBIT: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta TEBAL: 649 halaman CETAKAN PERTAMA: April, 2018
 ??  ?? J. SUMARDIANT­A
Guru SMA Kolese De Britto, Jogjakarta
J. SUMARDIANT­A Guru SMA Kolese De Britto, Jogjakarta

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia