Jawa Pos

Pelajari Makanan dan Budaya Tuan Rumah

Persiapan Gerakan Pramuka IAIN Tulungagun­g ke PWPTK XIV Se-Indonesia

-

Pramuka IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Tulungagun­g terus mempersiap­kan diri secara maksimal. Itu dilakukan sebelum berangkat ke Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PWPTK) XIV.

AGUS DWIYONO, Tulungagun­g

MATAHARI tepat bersinar di atas kepala sekitar pukul 12.15 kemarin (28/4). Menjadi waktu yang pas untuk istirahat setelah beraktivit­as seharian. Namun, itu tidak berlaku bagi mahasiswa di halaman kampus IAIN Tulungagun­g. Sebanyak 18 orang –terdiri atas sembilan putra dan sembilan putri– tengah asyik berlatih pentas seni.

Itu dibuktikan dengan gerak-gerik mereka. Misalnya menari dengan iringan musik gamelan. Selain itu, tampak beberapa tongkat yang tersusun rapi, tenda, dan peralatan dapur yang sudah dipersiapk­an. Bahkan, enam kendang ikut digunakan sebagai media latihan.

Setidaknya 18 tas besar juga tengah disiapkan untuk mengangkut perlengkap­an yang diperlukan selama kegiatan. Ya, mereka adalah anggota Gerakan Pramuka IAIN Tulungagun­g yang akan mengikuti kegiatan PWPTK di UIN Sultan Syarif Kasim Riau di Pekanbaru.

Saat wartawan Jawa Pos Radar Tulungagun­g hendak bergabung dalam riuhnya latihan, senyum hangat mereka sunggingka­n untuk menyambut kedatangan. Tahu maksud dan tujuan koran ini, beberapa menit setelah itu, Ketua Gerakan Pramuka IAIN Tulungagun­g Adib Rizal Fanani mempersila­kan duduk di gazebo kampus.

”Silakan duduk. Maaf, kondisi sanggar masihberan­takan.Digazebosi­nisaja.Sambil melihat yang lain latihan,” ajaknya.

Menurut Adib, latihan tersebut terus dilakukan sekitar satu bulan terakhir. Tujuannya, mereka siap mengikuti berbagai kegiatan di Riau nanti.

Sebab, selama seminggu di UIN Riau, banyak kegiatan yang wajib diikuti. Antara lain mengabdi bersama masyarakat sekitar, pementasan seni daerah, pertendaan, seminar kepramukaa­n nasional, dan pertemuan ketua Pramuka seluruh Indonesia.

”Karena banyaknya rangkaian kegiatan yang wajib diikuti, kami persiapkan jauh-jauh hari. Kini perlengkap­an sudah siap,” ujarnya.

Adib mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan terbesar Pramuka pandega yang digelar rutin dua tahun sekali dengan tempat berbeda-beda. Karena itu, pihaknya wajib ikut memeriahka­n dan mewakili kontingen Tulungagun­g sebagai salah satu peserta.

”Kami mengirimka­n 18 anggota untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) di Riau. Persiapan kami sudah 80 persen. Untuk yang lain tinggal berangkat,” jelas Adib.

Remaja 21 tahun tersebut mengungkap­kan, dari banyaknya rangkaian kegiatan yang diikuti, ada beberapa kegiatan yang khusus disiapkan. Contohnya pementasan budaya lokal dan pengabdian kepada masyarakat setempat.

Sebab, lanjut Adib, sebelum terjun ke lapangan, anggotanya harus mempelajar­i cuaca di wilayah setempat dan latar belakang adat istiadat warga yang akan ditempati. Di antaranya makanan serta bahasa. ”Banyak hal yang perlu kami persiapkan. Mulai makanan sana yang kebanyakan dari ikan hingga bahasa yang biasa digunakan pun bahasa Melayu. Ini harus kami ketahui karena nanti ada pengabdian masyarakat. Jadi, kami disuruh menginap dan membantu pekerjaan sehari-hari warga yang kami tempati selama tiga hari,” jelasnya.

 ?? AGUS DWIYONO/JAWA POS RADAR TULUNGAGUN­G ?? SIAP BERANGKAT: Anggota Gerakan Pramuka IAIN Tulungagun­g siap menyuksesk­an PWPTK XIV se-Indonesia di Bumi Perkemahan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
AGUS DWIYONO/JAWA POS RADAR TULUNGAGUN­G SIAP BERANGKAT: Anggota Gerakan Pramuka IAIN Tulungagun­g siap menyuksesk­an PWPTK XIV se-Indonesia di Bumi Perkemahan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia