Jawa Pos

Cukup dari Foto dan Tanggal Lahir

-

TAYANGAN Karma melejitkan nama Roy Kiyoshi, 31. Busana serbahitam, wajah oriental pucat, dan gaya berbicara yang santai tapi misterius menjadi ciri khas pria indigo itu. ’’Saya memang suka dengan dunia supranatur­al dan spiritual,’’ kata Roy saat ditemui di sela-sela taping.

Di balik penampilan gloomy tersebut, Roy merupakan pribadi yang lembut. Dia sering membawa kue buat kru dan host Robby Purba. Gaya bicaranya kalem, sedikit kemayu. Dia juga ramah dan murah senyum.

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana Roy memilih partisipan yang akan diterawang. Dari 31 partisipan yang duduk di angka sesuai tanggal lahir, Roy memilih tiga orang per episode. Sebelum taping, tim produksi memberikan foto para partisipan beserta tanggal lahirnya kepada Roy. Dari itu saja, Roy bisa mengetahui permasalah­an mereka.

’’Sebenarnya, dari situ saya mulai memilih, terus saya koordinasi­kan dengan tim produksi,’’ ungkap Roy. Kemudian, saat take adegan, Roy akan menyebutka­n permasalah­an yang dihadapi partisipan dan memanggiln­ya ke podium. Dengan kemampuan indigonya, Roy bisa melihat potongan kisah masa lalu partisipan dan makhluk gaib atau gangguan mistis yang dialami. ’’Kayak lihat potonganpo­tongan gambaran film gitu. Saya coba gabungkan dan tuangkan dalam bentuk gambar,’’ kata Roy.

Menurut Roy, proses itu sangat melelahkan. Sebab, dia bisa melihat masa lalu ke-31 calon partisipan. Karena itu dia mesti melatih diri agar tetap fokus. Tenaganya sering terkuras karena harus menerawang.

Suatu waktu, karena kelelahan, Roy kolaps. Dia dilarikan ke rumah sakit. Banyak yang mengatakan bahwa Roy diserang makhluk halus atau hal klenik. Namun, Roy membantahn­ya. Sebagai indigo, dia tahu betul mana yang mistis dan logis. ’’Saya benarbenar kelelahan saat itu. Taping bisa sampai subuh karena kejar tayang,’’ terangnya.

Untuk menjaga kondisi, waktu break syuting dihabiskan Roy dengan istirahat dan menenangka­n diri. Di luar set syuting, dia tidak mau membaca atau menerawang secara detail. Roy pun semakin sering berdoa untuk meminta perlindung­an secara spiritual.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? SYUTING SPONTAN: Roy Kiyoshi (kanan) menerawang calon partisipan ditemani Robby Purba saat taping episode Karma di studio AnTV Jumat lalu (20/4).
IMAM HUSEIN/JAWA POS SYUTING SPONTAN: Roy Kiyoshi (kanan) menerawang calon partisipan ditemani Robby Purba saat taping episode Karma di studio AnTV Jumat lalu (20/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia