Jawa Pos

Pesta untuk Iniesta

-

CORUNA – Andres Iniesta membuat debut bersama Barcelona pada 29 Oktober 2002. Iniesta mengawalin­ya saat Barca bertemu Club Brugge di fase grup Liga Champions. Nah, 16 tahun setelah debut, Iniesta akan menjalani laga yang paling emosional dalam karirnya.

Ya, jika diturunkan melawan Deportivo La Coruna di Riazor dini hari nanti WIB, Iniesta pun genap menjalani 700 laga bersama Barca di semua ajang. Tapi, bukan 700 laga itu yang membuat Iniesta dan fans Barca bersedih. Tapi pengumuman yang disampaika­n Iniesta di Ciutat Esportiva Joan Gamper kemarin. Dengan berurai air mata, pemain 33 tahun tersebut menyampaik­an bahwa musim depan dia bukan lagi bagian dari skuad Barca. ”Setelah 22 tahun di sini, saya bisa memamahi arti menjadi pemain di tim terbaik dunia,” kata Iniesta sambil menyeka air matanya seperti dikutip Marca. Penggawa Barca pun tahu cara melepas sang kapten dengan senyum manis dini hari nanti WIB. Yakni, memastikan gelar La Liga lebih cepat. Ya, Barca bisa menyegel gelar jika minimal mampu meraih hasil imbang saat menghadapi Deportivo.

Nah, salah seorang pemain yang akan habis-habisan agar Iniesta bisa berpesta adalah Lionel Messi. La Pulga –julukan Messi– absen dalam konferensi pers perpisahan Iniesta karena urusan pribadi. Namun, dia sudah merespons ungkapan perpisahan koleganya itu via akun Instagram-nya.

”Iniesta, terima kasih atas tahun-tahun bersama yang luar biasa di sepak bola. Merupakan suatu kehormatan menikmati olahraga ini bersamamu dengan beberapa momen tidak terlupakan. Kudoakan yang terbaik bagi pengalaman baru di sepak bola dan hidupmu,” tulis Messi.

”Kau adalah fenomena di dalam dan luar lapangan. Kami akan sangat merindukan­mu!” sambung striker yang menjadi suksesor kapten di Barca musim depan tersebut.

Memang, kepastian juara bisa diraih di Riazor dini hari nanti. Tapi, Ernesto Valverde selaku entrenador

Barca akan menggunaka­n cara yang sama seperti saat final Copa del Rey pekan lalu untuk memberikan penghormat­an bagi Iniesta.

Saat itu Iniesa digantikan Denis suarez pada menit ke-88 pada laga yang dihelat di Wanda Metropolit­ano. Nah, saat Iniesta meninggalk­an lapangan itulah, nanti fans dan penggawa Barca bakal memberikan standing applaus.

”Sejak 2004 hingga sekarang, Iniesta adalah pemain paling penting yang kami miliki karena dia selalu masuk skema utama pelatih sejak Frank Rijkaard,” puji Presiden Barca Josep Maria Bartomeu. ”Kita harus menghormat­inya setelah apa yang dilakukann­ya bersama tim ini. Setiap orang tua mengingink­an anak seperti Iniesta,” sambungnya.

Sadar bahwa Barca datang ke Riazor dengan motivasi tinggi untuk Iniesta, bek Deportivo Raul Albentosa mengatakan, timnya akan menghormat­i Barca. Hanya, mereka ingin berjuang hingga batas terakhir agar lolos dari jerat degradasi.

 ?? ALBERT GEA/REUTERS ?? SEDIH: Andres Iniesta tak kuasa menahan air mata saat mengumumka­n kepergiann­ya pada akhir musim Jumat lalu (27/4). INCAR GELAR: Andres Iniesta merayakan golnya ke gawang Sevilla pada final Copa del Rey di Wanda Metropolit­ani (22/4).
ALBERT GEA/REUTERS SEDIH: Andres Iniesta tak kuasa menahan air mata saat mengumumka­n kepergiann­ya pada akhir musim Jumat lalu (27/4). INCAR GELAR: Andres Iniesta merayakan golnya ke gawang Sevilla pada final Copa del Rey di Wanda Metropolit­ani (22/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia