Jawa Pos

Owi/Butet Terbaik Dunia

Juara atau Runner-up Tetap Ranking 1 BWF

-

WUHAN – Badminton Asia Championsh­ips (BAC) 2018 di Wuhan, Tiongkok, bakal menjadi milik pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir. Selain masuk final, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu bakal naik ke peringkat pertama Badminton World Federation (BWF).

Di BAC 2018, Owi/Butet lolos ke final hari ini. Mereka akan bertarung dengan pasangan Tiongkok Wang Yilyu/Huang Dongping. Apa pun hasilnya, juara atau runner-up, Owi/Butet tetap akan menjadi ganda campuran terbaik dunia. Dengan demikian, Indonesia kini memiliki dua pasangan nomor satu dunia. Selain Owi/Butet, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo masih bertengger di puncak peringkat sebagai ganda putra terbaik.

’’Secara resmi, perubahan peringkat ini akan dilansir minggu depan. Tetapi, sejak perempat final, Owi/Butet sudah pasti ranking pertama BWF,’’ kata Bambang Rudyanto, Kasubid Hubungan Luar Negeri PP PBSI.

Saat ini Owi/Butet memang masih menempati peringkat ketiga di bawah dua pasangan Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen dan Wang Yilyu/Huang Dongping. Namun, dua pasangan Tiongkok tersebut dipastikan tidak mendapat poin saat ini. Zheng Siwei di BAC 2018 berpasanga­n dengan Huang Yaqiong.

Sementara itu, Wang Yilyu/ Huang Dongping juga belum saatnya penghitung­an poin. Sebab, di BWF, poin dihitung setiap sepu- luh turnamen. BAC 2018 adalah turnamen ke-12 mereka.

Meski sudah pasti menempati peringkat pertama, Owi/Butet tetap berambisi mejuarai BAC 2018. Sebab, sebagai satu-satunya wakil Indonesia di final, mereka harus menyelamat­kan wajah Indonesia di turnamen perseorang­an

level Asia tersebut.

Satu tempat di final hari ini mereka amankan setelah berhasil melakukan revans atas Zheng Siwei/Huang Yaqiong 21-1, 21-13. ’’Kami tidak menyangka bisa menang mudah. Kalaupun menang, kami pikir akan ketat,’’ terang Butet dalam surat elektronik PP PBSI.

Menghadapi Wang/Huang, Owi/ Butet masih inferior. Dari tiga kali pertemuan, mereka hanya mampu sekali menang.

 ?? PP PBSI ?? NOMOR SATU: Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir saat melawan pasangan Tiongkok Zheng Siwei/Huang Yaqiong di semifinal BAC 2018 di Wuhan.
PP PBSI NOMOR SATU: Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir saat melawan pasangan Tiongkok Zheng Siwei/Huang Yaqiong di semifinal BAC 2018 di Wuhan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia