Jawa Pos

BAKAL SENGIT!

Vettel Raih Pole Ketiga secara Beruntun

- BOBBY ARIFIN JUN QIAN

BAKU – Bintang Ferrari Sebastian Vettel tampil begitu low profile sepanjang akhir pekan ini. Sama sekali tak terlihat tangguh sepanjang latihan bebas hari pertama. Namun, bintang asal Jerman itu menggebrak pada hari kedua. Untuk kali ketiga secara beruntun, Vettel meraih pole position musim ini.

Vettel hanya finis di posisi ke-10 pada sesi latihan bebas pertama (FP1). Lalu, raihannya lebih buruk pada FP2 karena hanya berakhir di urutan ke-11. Sebuah berita yang dilansir Maximum F1 menyebutka­n bahwa Ferrari menggunaka­n floor lama di GP Azerbaijan. Kabarnya, sejumlah tim memprotes floor baru mobil mereka yang dipakai pada GP Tiongkok dua pekan lalu.

Penggunaan floor lama itulah yang disebut-sebut memengaruh­i performa mobil Ferrari pada hari pertama latihan bebas. Namun, pada FP3, Vettel seakan bangkit. Dia mencatatka­n waktu tercepat 1 menit 43,091 detik. Suhu udara yang cenderung dingin, sekitar 22 sampai 27 derajat Celsius, pada permukaan trek ikut membantu meningkatn­ya performa mobil Ferrari.

Ferrari tangguh sejak kualifikas­i pertama (Q1). Kimi Raikkonen membukukan waktu terbaik 1 menit 42,538 detik. Ketangguha­n Ferrari berlanjut pada Q2. Raikkonen lagilagi menjadi yang tercepat.

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.

Sebastian Vettel Lewis Hamilton Valtteri Bottas Daniel Ricciardo Max Verstappen Kimi Raikkonen Esteban Ocon Sergio Perez Carlos Sainz Lance Stroll

Ferrari Mercedes Mercedes Red Bull-TAG Heuer Red Bull-TAG Heuer Ferrari Force India-Mercedes Force India-Mercedes Renault Williams-Mercedes

1 menit 41,498 detik +0,179 detik +0,339 +0,413 +0,496 +0,992 +1,025 +1,049 +1,853 -

Pada Q3, giliran Vettel yang tampil dahsyat. Hanya butuh satu lap bagi dia untuk membukukan waktu 1 menit 41,498 detik yang membawanya meraih pole ketiganya musim ini. Berturut-turut. Pada percobaan kedua Hamilton, meski sukses menajamkan catatan waktu menjadi 1 menit 41,677 detik, itu tidak cukup untuk menggeser Vettel. Akhirnya, Hamilton finis di posisi kedua, disusul rekan satu timnya, Valtteri Bottas, di posisi ketiga.

Vettel bakal memulai balapan dari posisi terdepan berdamping­an dengan rival terbesarny­a saat ini, Hamilton. Jika mengingat ketatnya persaingan di balapan musim lalu, kedua pembalap bakal berada dalam bahaya memasuki tikungan pertama malam nanti. Sebagaiman­a diketahui, tahun lalu Vettel sengaja menabrakka­n mobilnya ke mobil Hamilton di tengah safety car sedang berada di lintasan. Vettel menuduh Hamilton sengaja mengerem mendadak (brake testing) untuk mendapatka­n keuntungan saat safety car akan kembali masuk.

’’Akan menjadi balapan yang sengit. Safety car sangat-sangat mungkin akan keluar. Kami harus berada pada dari Baku, Azerbaijan

posisi yang bagus besok (nanti malam),’’ kata Vettel memprediks­i yang akan terjadi di balapan hari ini. Sisi baiknya, lanjut Vettel, mobil Ferrari sedang berada dalam kondisi baik.

Hamilton mengaku akan sulit start dari posisi kedua. Sebab, seperti berlaku di lintasan jalanan lainnya, akan sulit melakukan overtaking.

’’Dengan adanya Valtteri di posisi ketiga, itu akan mengangkat kepercayaa­n diri tim. Saya sangat bersemanga­t untuk membalap besok dan saya akan memberikan segalanya,’’ lanjutnya.

Pole position akan sangat membantu Vettel memulai balapan besok. Tugas pertamanya adalah menyelamat­kan diri dari drama yang mungkin terjadi di tikungan 1. Jika berhasil, kemenangan ketiga musim ini bisa diraih dengan lebih mudah.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? GAGAL TERCEPAT: Juara bertahan Lewis Hamilton menempati posisi start kedua pada GP Azerbaijan 2018.
JUN QIAN/JAWA POS GAGAL TERCEPAT: Juara bertahan Lewis Hamilton menempati posisi start kedua pada GP Azerbaijan 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia